RAYA  – Sebagai generasi penerus kepemimpinan di masa akan datang, generasi muda diminta untuk mempersiapkan diri dengan ilmu pengetahuan atau pendidikan.

Motivasi tersebut disampaikan Anggota Komisi X -RI, Hj. Sakinah Aljufri, di hadapan sekira 100 pemuda yang menghadiri Seminar Penguatan Karakter Pemuda, yang diselenggarakan di aula , Sabtu (14/10/2023).

“Harapan para orang tua, guru, dosen, dan pendiri bangsa ini kepada para pemuda sungguh luar biasa, karena perjuangan ini tidak akan habis, akan terus bergulir, utamanya tentang pendidikan, yang tidak boleh patah,” kata Sakinah.

Generasi muda, menurut legislator Partai Keadilan Sejahtera () tersebut, hendaknya mengimplementasikan perintah ‘membaca' sebagaimana yang disampaikan pada Q.S. Al-Alaq ayat 1, sebagai ayat pertama turun, dengan memiliki ilmu penegtahuan. Hal itu dilakukan, agar ke depan mampu menjadi pemimpin yang dapat menjaga tiap jengkal tanah air.

Selain itu, ia menegaskan bahwa dengan berilmu pengetahuan, generasi muda akan mampu menjawab tantangan-tantangan yang akan dihadapi di masa depan.

“Tantangan itu bukan kecil seperti kerikil-kerikil, tetapi makin besar ke depan. Sehingga, kita harus siap lahiriyah batiniyah dan khususnya rohani,” tandasnya.

Seminar Penguatan Karakter Pemuda tersebut digelar Yayasan Spirit Qur'an Mulia (SQM) bekerja sama dengan Pegadaian Palu serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, dan diikuti peserta yang merupakan generasi muda Sulteng.

Mewakili Direktur SQM, Andi Parenrengi mengatakan, kegiatan tersebut terlaksana atas prakarsa Hj. Sakinah Aljufri sebagai Anggota DPR-RI yang bermitra dengan Kemenpora RI.

“Kegiatan ini digagas oleh Ibu Sakinah Aljufri untuk generasi muda kita di Sulteng, tujuannya membangun karakter pemuda sebagai pemimpin di masa depan,” kata Andi.

Ia mengemukakan, salah satu landasan inspirasi Yayasan SQM pada kegiatan tersebut adalah ayat pertama pada Q.S. Al-Alaq yang menekankan pada spirit membaca atau belajar dan menuntut ilmu.

“Ini menjadi motivasi kita berkolaborasi dengan generasi muda agar mengimplementasikannya. Mudah-mudahan dengan acara ini, semakin menguatkan wawasan keilmuan dan bekal kita, untuk menjadi calon-calon penerus kepemimpinan bangsa dan daerah,” tegas Andi.

Selain Sakinah Aljufri, kegiatan tersebut juga menghadirkan pembicara lainnya, yakni Asisten Deputi Karakter Pemuda Deputi Bidang Pemuda Kemenpora RI, Dr. H. Amar Ahmad secara daring, Akademisi UniversitasTadulako, Prof. Dr. Jusman Mansyur, dan Wakil Ketua DPRD , Dr. Rizal. *WAN