SULTENG RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota , Yohan Wahyudi, menyebut, peristiwa kebakaran lahan mengalami peningkatan akibat faktor cuaca panas dalam beberapa bulan terakhir.

“Terjadi peningkatan kebakaran lahan disaat cuaca panas ini, dari data yang kami miliki, tren kenaikan pernah terjadi pada April 2023, saat itu cuaca lumayan ekstrem, sehingga mencapai mencapai 15 kasus kebakaran lahan perbulannya, kemudian kembali mengalami penurunan pada bulan berikutnya,” kata Plt Kepala Disdamkarmat Kota Palu, Yohan Wahyudi, Kamis (12/10/2023).

Selanjutnya, Yohan, menjelaskan bahwa tren kenaikan kebakaran lahan terlihat kembali pada Agustus yang mencapai 23 kasus dan September 18 kasus. Sehingga, dari kasus kebakaran lahan berdasarkan data kejadian sejak 1 Januari 2023-10 Oktober 2023 mencapai 96 kasus.

“Jadi, dari kasus kebakaran lahan berdasarkan data kejadian yang kami miliki, sejak 1 Januari 2023-10 Oktober 2023 mencapai 96 kasus,” sebutnya.

Dengan adanya peningkatan kasus kebakaran akibat cuaca panas, selaku pihak Disdamkarmat Kota Palu, mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan beberapa hal, yakni tidak lagi memusnahkan sampah dengan metode pembakaran, sebab dengan kondisi cuaca saat ini serta kencangnya angin baik siang dan malam akan memudahkan persebaran bara api yang dapat menyebabkan kebakaran.

Lanjut, sedapat mungkin membenahi instalasi listrik di rumah tinggal maupun gedung perkantoran dengan menggunakan standar penataan instalasi listrik sesuai dengan aturan.

“Bagi, warga yang hendak meninggalkan rumah agar memastikan seluruh peralatan elektronik di dalam rumah tidak dalam kondisi terhubung dengan stop kontak atau saklar dan telah diputuskan dari sambungan elektriknya,” ucapnya.

Kemudian, simpanlah alat pematik api di rumah anda pada tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak atau orang-orang yang berkebutuhan khusus guna mengantisipasi terjadinya bahaya kebakaran. Hindari, penggunaan petasan serta kembang api di lingkungan pemukiman atau tempat yang disekelilingnya terkandung bahan berbahaya atau barang-barang yang mudah terbakar.

“Jika, terjadi kebakaran di lingkungan tempat tinggal maka dahulukan tindakan penyelamatan diri dan segera menghubungi call center Disdamkarmat Kota Palu, yakni (0451) 423113 atau 0821 8823 2113,” ujarnya.ULU