RAYA – kembali menggelar pameran Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition (LIKE) 2023 diselenggarakan di Jakarta International Expo.

Melalui ajang itu, diharapkan para pelajar dan dari berbagai daerah, tak terkecuali seluruh insan PLN dapat dengan antusias memberikan ide dan gagasan inovasi.

Adapun rangkaian kegiatan LIKE 2023 meliputi Seleksi Inovasi Tahap Nasional dari kegiatan Seleksi Karya Inovasi, pameran dari unit-unit PLN, konferensi internasional dan sharing session (ICT-PEP), talkshow ketenagalistrikan, dan kegiatan lainnya.

Pada kesempatan itu, PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo turut meramaikan gelaran pameran LIKE 2023 dengan menghadirkan produk-produk UMK unggulan.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, W Gautama, yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut, menerangkan, PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo berkomitmen mendukung program korporat melalui keikutsertaan dalam Pameran LIKE yang merupakan gelaran tahunan.

 “Kami ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pameran ini dengan tujuan ingin memperkenalkan produk-produk UMK yang juga merupakan mitra binaan PLN, dimana produk yang dihasilkan berupa cemilan, cinderamata, dan makanan ringan,” terang Gautama.

Ia mengatakan, kegiatan LIKE 2023 juga menjadi pintu masuk bagi para inovator ingin berkontribusi memberikan ide dan gagasan demi perkembangan dan kemajuan dalam bidang ketenagalistrikan.

 “Inovasi merupakan sesuatu yang penting dalam penyelesaian berbagai macam permasalahan tidak terkecuali dalam sektor energi. Dengan adanya kegiatan ini menjadi pendorong inovasi ketenagalistrikan khususnya dalam hal penguasaan teknologi berbasis energi baru terbarukan (EBT),” tambah Gautama.

Di tempat terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, J A Ari Dartomo, menyampaikan, inovasi mendorong peningkatan layanan diberikan PLN. Menurutnya, inovasi telah menjadi budaya PLN dan memberikan positif bagi perusahaan.

“PLN sudah mengelola inovasi dengan terstruktur, dengan terobosan yang begitu banyak. Hasil dari inovasi ini telah menghasilkan peningkatan performance, keandalan, dan efisiensi, baik di bidang pembangkitan, transmisi dan distribusi,” ungkap Dartomo, Rabu (4/10/2023).

Ia menekankan, inovasi harus terus menjadi budaya bagi insan PLN. Hasil inovasi yang sudah diciptakan dapat memberikan nilai positif bagi korporasi dalam mencapai Net Zero Emission pada 2060 mendatang.

“Demi kemudahan layanan kelistrikan, masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. Melalui aplikasi ini semua layanan kelistrikan dapat diakses dengan mudah, mulai dari pasang baru, tambah daya, pembayaran listrik, pembelian token dan lainnya. Dengan PLN Mobile, semua makin mudah,” katanya./*HJ