RAYA – Asisten Deputi Kemenpora RI, Dr. H. Amar Ahmad menutup secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) Pancasila (Mapancas) ke-16 di lapangan Tribun Mirqan Center, Bukit Halimun, Kabupaten Banggai, Senin (2/10/2023) malam.

Kegiatan yang mengusung tema, Membangun Negarawan Muda Pancasila dan Penguatan Bela Negara Menuju Indonesia Emas Tahun 2045, dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Banggai H. Furqanuddin Masulili, Asisten Deputi Karakter Pemuda Kemenpora RI Dr.H.Amar Ahmad, Wakil Ketua 1 DPRD Banggai Hj.Bathia Sisilia Hadjar, Ketua Umum DPP Mapancas Wakil Walikota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan, Staf Khusus Bidang Inovasi Hasitnya Saraswati, Tenaga Ahli Bidang OKP Muhammad Baiyah, Kaban Kesbangpol Banggai Yori Ntoi, Kadis Ketapang H. Alfian Djibran dan Ketua DPD Mapancas se-Indonesia, serta Ketua MPO Mapancas.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP Mapancas Pilar Saga Ichsan mengatakan, sebagai Ketua Umum Mahasiswa Pancasila kami dari berbagai Provinsi sudah hadir selama tiga hari ini untuk menyelenggarakan kegiatan Munas Mapancas. “Hari ini adalah penutupannya, kami bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai bersama-sama mengadakan pesta rakyat malam ini. Kami persembahkan performa untuk masyarakat kota luwuk. Alhamdulillah juga semuanya bisa berjualan disini, dari tadi sore saat kami melakukan senam sehat,” terang Pilar.

Olehnya itu kata Pilar, atas nama Pengurus Pusat Mapancas mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Banggai, Kemenpora dan seluruh masyarakat yang sangat luar biasa antuasias untuk hadir ditempat ini.

Sementara, Wabup Banggai mengatakan, atas nama Pemkab Banggai diucapkan terima kasih dengan dipilihnya Kabupaten Banggai atau Kota Luwuk ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan Munas Mapancas. “Mudah-mudahan event seperti ini akan memberikan kepada daerah-daerah yang ada di Republik ini tentang keadaan Kota Luwuk Kabupaten Banggai,” kata Wabup.

Juga informasi atau promosi yang gratis ini sambungnya, bisa menjadikan Kabupaten Banggai menjadi perhatian dari seluruh masyarakat Republik Indonesia, dan seluruh mancanegara. Sehingga Insya Allah dengan demikian akan lebih tenar lagi. “Saya sangat berterima kasih kepada Ketua Umum Mapancas bersama seluruh Ketua dari Provinsi di seluruh Indonesia yang telah hadir di tempat ini. Mudah-mudahan yang akan datang akan lebih baik lagi, kita akan meriahkan dengan event-event yang tentunya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Terkhusus kepada Asisten Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga lanjutnya, juga berterima kasih atas kunjungan ke daerah kami ini. Tadi, ia telah meninjau beberapa tempat utama tempat-tempat sarana olahraga mudah-mudahan hasil peninjauan dari Asdep ini, akan memberikan informasi ke pusat, sehingga Insya Allah kita akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. “Saya ucapkan lagi, terima kasih dan selamat jalan kepada tamu-tamu, mudah-mudahan apa yang baik di Kota Luwuk akan menjadi kenangan. Kami memohon maaf kiranya mungkin pelayanan kami tidak sesuai dengan harapan saudara-saudara yang berkunjung di kota Luwuk,” ucap Wabup.

Asisten Deputi Kemenpora RI, Dr. H. Amar Ahmad mengatakan, kalau layar sudah dikembangkan karena daerah pantai, maka kalau belum ada hasil jangan harap kita akan kembali dengan tenang. “Kita harus pergi dengan tujuan yang tepat, maka cocoklah kiranya ketika kegiatan Mapancas ini diselenggarakan di Kota Luwuk Kabupaten Banggai,” kata Amar.

Negeri ini lanjut Amar, tentunya dibangun oleh tokoh-tokoh muda, proklamator bung Karno pada saat Proklamasi Kemerdekaan, karena ia adalah Presiden atau pemimpin termuda. “Jadi mudah-mudahan pemuda yang hadir di tempat ini merupakan tokoh-tokoh muda Kabupaten Banggai yang akan membawa masa depan Kabupaten Banggai semakin cerah dan bersinar dimasa yang akan datang,” jelasnya. */MAN