RAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs. H. Ma'mun Amir membuka Seminar Nasional dan Musyawarah Nasional (MUNAS) ke-XVI Pancasila (Mapancas) tahun 2023, di salah satu hotel di Kota Luwuk, Sabtu (30/9/2023).
Kegiatan yang mengusung tema, Membangun Negarawan Muda Pancasila dan Penguatan Bela Negara Menuju Indonesia Emas Tahun 2045, akan berlangsung selama tiga hari mulai dari 30 September 2023 sampai dengan tanggal 2 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, Wagub Sulteng Drs.H. Ma'mun Amir mengucapkan selamat datang kepada para peserta MUNAS, Sulteng ini pertumbuhannya cukup bagus diatas rata-rata nasional 13,28 persen, itu artinya Sulteng ini terbuka oleh siapa saja. “Di Sulteng ini, ada 13 Kabupaten/Kota tapi bandaranya atau pesawat besarnya hanya ada di dan di Banggai, sehingga Banggai dijadikan sebagai penyangga Ibukota Provinsi,” terang Wagub.

Sementara, Bupati Banggai H. Amirudin Tamoreka mengatakan, ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Banggai untuk menjadi tuan rumah pada pelaksanaan hari ini. “Alhamdulillah saya melihat bahwa rangkaian acara dari hari ini sampai dengan tanggal 2 Oktober nanti, cukup padat dan kami dari masyarakat akan mendukung penuh kegiatan ini,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati Banggai mengatakan, apalagi kegiatan-kegiatan lainnya ada kita lihat nantinya seperti , kemudian nanti ada juga konser amal dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai mensupport penuh termasuk kegiatan kegiatan lain seperti yang disampaikan ketua panitia tadi. “Ini merupakan hal yang berbahagia buat kami, selama saudara-saudara berada disini utamanya yang dari luar kota, silahkan menikmati Kota Luwuk kulinernya enak-enak. Semoga kedatangan hari ini bukan kedatangan terakhir, tetapi pertama dan akan sering datang lagi,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan seminar nasional yang dilaksanakan ini, kemudian ada MUNAS dapat memberikan hasil buat organisasi ini, sehingga anak-anak Kabupaten Banggai ikut terlibat. Pembukaan kegiatan tersebut, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wagub Provinsi Sulteng didampingi Bupati Banggai bersama Ketua Umum DPP MAPANCAS beserta jajarannya, unsur Forkopimda dan Staf Ahli. */MAN