RAYA – Tim Safety Riding terus berupaya mengedukasi keselamatan dalam berkendara kepada seluruh konsumen Honda melalui program safety riding. Kali ini, Tim Honda Safety Riding membahas mengenai tips menghindari blind spot.

Kepala Tim Honda Safety Riding, Yusman, menjelaskan, blind spot atau titik buta merupakan area yang tidak telihat pada saat berkendara. Umumnya, blind spot lebih ditekankan kepada pengendara mobil, namun blind spot juga ada dalam berkendara .

“Kita harus tahu dulu apa pengertian blind spot, blind spot adalah area yang tidak terlihat atau area yang tidak dapat dijangkau oleh spion kita misalnya kalau di ada di bagian belakang kiri dan kanan sepeda motor. Untuk meminimalisasi masalah ini produsen sebenarnya sudah mengantisipasi dengan memberikan kaca spion pada setiap motor, Namun spion pun memiliki ruang pandang yang terbatas apalagi sampai melepas spion pada kendaraan,” jelas Yusman, Ahad (1/10/2023).

Ia menjelaskan, bidang pandangnya kaca spion berjarak sekitar satu meter dari badan motor. Padahal, saat di jalan bisa saja ada kendaraan lain di kiri maupun kanan tidak terlihat.

“Untuk itu yang perlu dilakukan oleh pengendara motor adalah menyempatkan diri menengokkan kepala ke sisi jalan yang akan digunakan berpindah. Perlu diketahui, menoleh atau mengkonfirmasi area sekitar jadi satu kewajiban saat ingin berkendara. Ini salah satu antisipasi dalam keselamatan berkendara,” jelasnya.

BEBERAPA TIPS PENTING DARI HONDA

Khusus untuk menghindari blind spot, Honda memiliki beberapa tips, sebagai berikut:

  1. Pastikan Kelengkapan Kendaraan Terpasang Sesuai Standar
  2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat dan Siap Berkendara
  3. Tengok Kiri & Kanan Sebelum Berjalan
  4. Hindari Area Tidak Terpantau Saat Berhenti atau Berhenti Dibelakang Kendaraan Besar 
  5. Pastikan Kelengakapan Diri dan Kendaraan
  6. Menjaga Jarak Minimal 3 Detik Dengan Kendaraan Lainnya

“Beberapa tips teknik berkendara sepeda motor di atas bisa diterapkan agar lebih aman dalam berkendara, sehingga kecelakaan yang dapat menyebabkan kerugian dapat dihindari, dan perjalanan menjadi aman,” ucapnya.

Ia berharap, tips-tips yang disampaikan pihaknya dapat menambah pengetahuan dan membantu masyarakat dalam mewujudkan aman bekendara.

“Semoga dengan upaya kami memberikan tips keselamatan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah, dapat membantu masyarakat untuk tetap mendapatkan pengetahuan tentang berkendara yang aman dalam aktivitas berkendara sehari-hari. Jangan lupa Pakai Helm & Jaketmu #Cari_Aman Saat Naik Motor Honda,” tuturnya. */YAN