RAYA – Rangkaian Maxi telah memasuki area ke-8 dari total 11 area yang ditargetkan sejak pertama kali bergulir di akhir bulan Juli lalu.

Hingga saat ini, tercatat sekitar 3.000 biker di berbagai daerah di Indonesia telah ambil bagian memeriahkan jalannya event tahunan tersebut. Terakhir, event ini telah berlangsung sukses di Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada akhir pekan kemarin (23 – 24 September) dan dihadiri oleh sebanyak 351 biker yang melakukan camping bersama di Taman Bougenvile.

Kota Singkawang sendiri dipilih sebagai lokasi acara Maxi area Kalbar karena dinilai memiliki daya tarik wisata yang besar baik dari segi atraksi, sosial budaya, kuliner, maupun bangunan-bangunan bersejarah dengan gaya arsitektur Tionghoa. Maka tidak heran jika pelaksanaan event di kota ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari Biker Maxi setempat. Bahkan ada dari mereka yang rela touring sejauh ratusan kilometer dari luar kota untuk bisa meramaikan jalannya event tersebut.

“Seperti di tahun-tahun sebelumnya, event Maxi Yamaha Day selalu menjadi ajang yang sangat dinanti-nantikan oleh biker di wilayah Kalbar. Dan untuk pertama kalinya, event ini mengambil lokasi di Kota Singkawang yang merupakan salah satu kota wisata paling terkenal di wilayah Kalbar. Daya tarik kota Singkawang pun sukses meningkatkan antusiasme peserta, hal ini terbukti dengan jumlah peserta yang meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahkan ada peserta komunitas yang touring jauh-jauh dari Ketapang dan Melawi ke kota ini, itu jaraknya 500 kilometer lebih,” ungkap Manager Service PT Aneka Makmur Sejahtera (AMS) selaku Main Dealer Yamaha di area Kalimantan Barat, Fendi dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Sabtu (30/9/2023).

Event ke-8 Maxi Yamaha Day 2023 ini sendiri dimulai dengan kegiatan city touring yang mengambil titik keberangkatan dari Sentral Yamaha Pontianak. Setelah itu, rombongan langsung bertolak menuju Taman Bougenvile yang berada di area perbukitan, Kota Singkawang. Namun sebelum menuju ke tempat acara, para biker terlebih dahulu menyambangi spot-spot wisata khas Kalbar seperti Tugu Khatulistiwa, Keraton Amantubillah Mempawah, dan Thai Pak Kung Kota Singkawang yang merupakan klenteng dengan bangunan kah Tionghoa terbesar di kota itu.

Setelah tiba di taman Bougenvile, acara kemudian dilanjutkan dengan seremoni pembukaan yang ditandai dengan penyalaan api unggun oleh pihak Yamaha, YRFI dan juga perwakilan komunitas-komunitas yang hadir seperti YNCI, Dumors, NMAX Kuburaya, ARCI, YAWB, Big Max, dan masih banyak lagi. Setelah itu, beberapa kegiatan menarik turut digelar untuk memeriahkan suasana seperti games antar komunitas yang menguji kekompakan diantara para member, pesta BBQ, hingga hiburan musik yang dibawakan oleh para artis lokal dari atas panggung.

Apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan event Maxi Yamaha Day di area Klabar pun banyak berdatangan dari para peserta yang turut ambil bagian. Seperti halnya yang disampaikan oleh Qodri, member YNCI (IMO) chapter Pontianak.

“Event Maxi Yamaha Day tahun ini menurut saya lebih seru dari tahun sebelumnya. Karena selain lokasinya yang berada di atas perbukitam kota Singkawang, jumlah peserta dan komunitas yang terlibat juga lebih banyak. Selain itu, konsep Camping di alam terbuka dengan hiburan musik dan api unggun juga dapat memfasilitasi kami sebagai anak untuk bersilahturahmi dengan sesama biker Maxi Yamaha lainnya,” ungkapnya.

Rangkaian event Maxi Yamaha Day 2023 dengan konsep Ride & Camp selanjutnya akan berlanjut ke Surabaya pada 30 September mendatang. Bagi para biker Maxi Yamaha yang ada di wilayah Jatim, ayo segera siapkan diri dan kendaraanmu untuk bergabung merasakan sensasi keseruan Maxi Yamaha Day di tahun ini.*/HJ