RAYA – Tim Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan supervisi tahun 2023 di Banggai, dengan melakukan operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) kepada anggota di lapangan upacara Mapolres Banggai, Senin (25/9/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasubbid Provos Bid Propam , Kompol Awaluddin Rahman, didampingi Kasi Propam Polres Banggai Iptu Raden Hermawan.

Kasi Propam Polres Banggai, Iptu Raden Hermawan mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk melakukan pengecekan sikap tampan, kelengkapan surat-surat berupa SIM, STNK, KTA, Senpi Dinas Polri Polres Banggai hingga pemeriksaan sel tahanan. “Kegiatan ini merupakan sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian di bidang pembinaan serta penegakan disiplin anggota Polri,” terang Raden.

Menurutnya, kedatangan tim Bid Propam Polda Sulteng itu, juga untuk memberikan arahan serta berdialog, terkait tugas dan fungsi Propam sebagai ujung tombak penegakan disiplin anggota Polri.

Sementara, Kompol Awaluddin mengatakan, Propam yang didalamnya ada unit provos harus proaktif dalam upaya pembinaan dan penegakan disiplin anggota Polri serta melakukan pengawasan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. “Tugas pokok provos juga untuk membina dan menyelenggarakan fungsi pengamanan internal di lingkungan Polri serta kontrol terhadap prosedur pelayanan masyarakat agar tidak ada penyimpangan,” kata Awaluddin.

Ia berharap, personel Polres Banggai dapat merubah mental kepribadiannya menjadi lebih baik lagi dalam rangka memberikan pelayanan yang Presisi. */MAN