RAYA  – Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (NA) Sulawesi Tengah, telah melaksanakan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) pra Muswil, Sabtu (23/9/2023).

Muskerwil yang dilaksanakan secara online tersebut, dengan agenda tunggal pembahasan dan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pimpinan Wilayah NA Sulteng periode Muswil XIV.

“Dalam Muskerwil, Panitia Pemilihan (Panlih) menetapkan 15 nama yang masuk dalam DCT. Selanjutnya nama-nama inilah yang akan maju dalam pemilihan Calon Ketua dan Pimpinan Wilayah di Muswil NA Sulteng pekan depan,”kata Ketua Panlih Muswil NA Sulteng, Ismawati.

Ismawati menambahkan, sesuai keputusan Muskerwil, Muswil NA Sulteng akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2023 di Kota .

Menurut Ismawati, sesuai prosedur yang ada dalam organisasi NA, Panlih telah bekerja sejak beberapa bulan yang lalu dengan melakukan penjaringan dan penyaringan. Awalnya, Panlih yang dibentuk oleh PW NA Sulteng, mengirimkan surat permohonan usulan dari seluruh Pimpinan Daerah NA se-Sulteng, termasuk Pengurus PW NA juga diminta untuk mengirimkan usulan.

“Dari nama-nama yang masuk, yang ada usulannya minimal 2 pengusul kita kirimkan permintaan kesediaan menjadi pengurus. Kalau kurang dari dua pengusul, otomatis gugur. Selain itu, nama-nama yang masuk, juga kita verifikasi lagi,”jelas Ismawati.

Dalam proses verifikasi, Panlih akan mengeliminasi bakal calon yang tidak memenuhi syarat. Contohnya,  umur saat Muswil lebih dari 41 tahun, tidak memiliki pengalaman sebagai pengurus di Ortom Muhammadiyah manapun, rangkap jabatan di Ormas lain, atau tidak taat asas.

“Yang dimaksud taat asas, adalah yang bersangkutan harus mengikuti apa yang menjadi keputusan Muhammadiyah dalam masalah mahdah dan muamalah,”tegas guru Al-Islam Kemuhammadiyahan Muhammadiyah Palu ini.

Dari 15 nama yang ditetapkan dalam DCT, duet incumbent Ketua dan Sekretaris PW NA, Nova Herlina dan Nurul Huda masuk dalam bursa calon Ketua dan Pimpinan NA Sulteng. Selain itu, dalam DCT juga masih didominasi alumni Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Ikatan Muhammadiyah (IMM).

Berikut daftar lengkap DCT PW NA Periode Muswil XIV yakni Fatimah Az Zahra, Fathia Suci Oktaviani A.S. Paliso, Iin Ermiwin, Ismawati, Kuliawati, Latifatunnisa, Ni Wayan Suastini, Nurul Huda, Nova Herlina, Rafika Ishak, Rahmi Ihsan, Rifka Yunita, Sarwindah, Zakiyah dan Zulfitrah.*WAN