RAYA – Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Komunitas Statistik melaksanakan aksi Penanaman Mangrove di Pantai Dupa Layana Indah, Selasa (19/9/2023).
“Pelaksanaan penanaman 1.000 mangrove di Pantai Dupa Layana Indah, dilakukan dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) 2023,” kata Kepala BPS Kota , G A Nasser.
Sejumlah kantor BPS tergabung dalam kegiatan tersebut, diantaranya, BPS Sulteng, BPS Palu, BPS , BPS , Kominfo Kota Palu, DLH Kota Palu, Bank Syariah Indonesia, Bappeda Kota Palu, Lurah Layana Indah, Prodi Statistika dan Matematika . Selain itu, terdapat pula siswa MTsN 1 Palu.
Sementara itu, Kepala BPS Sulteng, Simon Sapary, berharap, kiranya kegiatan aksi lingkungan tersebut berkelanjutan dan mendorong komunitas lainnya, tidak hanya sebatas pada kegiatan HSN saja, sehingga akan memberikan manfaat lebih bagi ekosistem, lingkungan wilayah Kota Palu.
“Hal positif ini tentu bukan sebatas seremoni saja, melainkan upaya kita bersama menjaga kelestarian lingkungan, sebagai bentuk tanggungjawab bersama. Saya yakin, jika penanaman ini berhasil dan terus dikembangkan pasti akan menghasilkan ekosistem air yang bersih dan sehat, juga dapat berpotensi sebagai hutan mangrove atau hal positif lainnya,” jelasnya.
Senada, Kepala DLH Kota Palu, M Arif Lamakarate, juga mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan BPS Kota Palu, karena telah menunjang dan membantu tugas DLH dalam hal menjaga lingkungan di wilayah pesisir pantai.
Sebagai tambahan, selain penanaman mangrove, BPS Kota Palu sudah melaksanakan turnamen tenis meja dan akan melaksanakan beberapa kegiatan lagi seperti kunjungan panti asuhan, donor darah, jalan santai, lomba sumpit dan lainnya.ULU