RAYA – Sulawesi Tengah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Babak Kualifikasi  (BK) PON untuk cabor Putra. BK PON Futsal Putra akan dilaksanakan pada tanggal 23-31 Oktober 2023 dan terbagi dalam delapan grup.

Sulteng sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah grup F, yang nantinya akan menjamu tiga provinsi di Pulau Sulawesi yakni Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Barat.

“Kita bersyukur Sulteng ditunjuk sebagai tuan rumah BK PON, hal ini sesuai harapan kita. Tentu kita harus berbangga atas kepercayaan yang diberikan ini,”ungkap Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Tengah, Syamsuddin saat ditemui sejumlah media, Jumat (15/9/2023).

Syamsuddin juga mengatakan, menjadi tuan rumah merupakan kesempatan besar bagi Sulteng untuk lolos PON karena mendapat dukungan langsung dari masyarakat Sulteng. 

Melihat perkembangan dan kekuatan calon lawan, Syamsuddin optimis provinsi Sulawesi Tengah bisa menjadi pemuncak klasemen di grup F yang merupakan tiket untuk lolos ke PON Aceh-Sumut tahun 2024.

“Cabor Futsal hanya akan diikuti 10 Provinsi. Dua tiket, sudah menjadi hak tuan rumah. Sementara delapan provinsi diambil dari masing-masing juara grup pada BK PON ini,”jelasnya. 

Menurut Syamsuddin, ditunjuknya Sulteng sebagai tuan rumah BK PON menjadi tersendiri bagi provinsi berjuluk Negeri Seribu Megalit ini.

“Karena ini merupakan pertama kali Sulteng jadi tuan rumah BK PON Futsal,”ungkapnya.

Penunjukkan ini, kata Syamsuddin sekaligus momentum kebangkitan Futsal di Sulteng. Sebelumnya klub Moncong Bulo Muda asal Sulawesi Tengah tampil sebagai juara Liga Futsal Nusantara Tahun 2023.

“Kami berharap dukungan semua pihak untuk mensukseskan BK PON Futsal yang rencananya akan kami pusatkan di Gelora Bumi Kaktus (GBK) tanggal 23-31 Oktober 2023 mendatang,”harap Syamsuddin. WAN