RAYA – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tengah, I Komang Adi Sujendra, optimistis Sulteng berhasil menurunkan prevalensi .

Saat ini, kata dia, pravalensi stunting di Sulteng 28,2 persen. Turun atau tidaknya angka prevalensi tersebut, kata dia, ditentukan dari hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI).

“Saat ini, SKI masih sedang berlangsung, termasuk di Sulteng,” kata Kadis Komang kepada Sulteng Raya, Rabu (13/9/2023).

Meski demikian, Kadis Komang tidak memungkiri, menurunkan angka hingga ke target nasional 14 persen, merupakan pekerjaan cukup berat.

Menurutnya, SKI sedang berlangsung menggunakan metodologi bagus, dengan metode kluster sampling-nya cukup sistematis, sehingga dapat dijadikan acuan memperoleh hasil sangat akurat dibanding metode lainnya.

“Sebagai gerakan bersama kita tetap optimistis, kita akan melihat di Sulteng trennya pada November dan Desember 2023 dari hasil SKI. Tapi semaksimal mungkin harus kita capai ya targetnya. Kalau kita optimis, berarti kita bergerak maju bersama,” katanya.

Meski belum bisa memastikan adanya penurunan secara signifikan, namun upaya nyata telah dilakukan seluruh elemen di Sulteng menaruh perhatian terhadap stunting.

“Kita tidaktahu ya. Nanti kita akan lihat seperti apa hasilnya,” ucapnya. JAN