RAYA – Kapolres Banggai, AKBP Ade Nuramdani memimpin deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) damai 2024 untuk wilayah Kabupaten Banggai, di aula rupatama Mapolres Banggai, Rabu (13/9/2023).

Deklarasi Pemilu damai itu dihadiri, Forkopimda Banggai, Ketua Banggai, Ketua Banggai, pimpinan dan perwakilan para Partai Politik (Parpol) di Banggai, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banggai dan Ketua Sinode GKLB.

Dalam sambutannya, Kapolres Banggai mengatakan, mendatang merupakan sarana demokrasi untuk menghasilkan pemerintahan yang demokratis dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan berkualitas. “Pada tahun 2024 mendatang, akan dilaksanakan Pemilu yang berbeda dari Pemilu periode sebelumnya. Karena nantinya adanya penggabungan waktu pelaksanaan pemilihan dua penyelenggara lembaga negara yaitu lembaga eksekutif, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Kepala Daerah dan lembaga legislatif pemilihan anggota DPD, , DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota,” tutur Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, dalam rangka mengantisipasi potensi kerawanan menjelang tahapan Pemilu dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Banggai, maka perlu dilaksanakan deklarasi Pemilu damai bersama Forkopimda, Partai Politik, Penyelenggara Pemilu dan Ormas. “Deklarasi Pemilu damai ini, merupakan sebuah komitmen seluruh elemen masyarakat dalam menunjukkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi,” kata Kapolres.

Menurutnya, jika kita bercermin pada pesta demokrasi yang telah berkali-kali kita laksanakan, kita berharap tahapan-tahapan Pemilu 2024 mendatang akan terselenggara dengan baik dan sukses. “Deklarasi Pemilu damai yang telah dibacakan dan ditandatangani bersama ini, hendaknya dilandasi niat untuk sungguh-sungguh dilaksanakan, jangan hanya menjadikan deklarasi ini sebagai pemanis kata yang tak berarti apa-apa,” jelas Kapolres.

Kegiatan itu, dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai oleh Ketua dan perwakilan Parpol, KPU dan Bawaslu Banggai serta Forkopimda Banggai. */MAN