RAYA- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Tadulako () menjadi tuan rumah pelaksanaan Regional Medical Olympiad (RMO) pada Tahun 2023, dengan tema tema “Tropical – The Stars Competition to Improve National Health Education” diikuti perwakilan Fakultas Kedokteran yang berasal dari Jatim, Bali, NTT/NTB, Sulawesi, Maluku hingga Papua.

Selasa (13/9/2023) malam, dilaksanakan Welcoming Party digelar di Hall Meeting Room Swissbell Hotel untuk menyambut 204 peserta yang berasal dari Universitas Tadulako, Universitas Hasanuddin, Universitas Mataram, Universitas Udayana, Universitas Airlangga, Universitas Muslim Indonesia,Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Haluoleo, Universitas Al Khairat, Universitas Islam Al Azhar Mataram, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Nusa Cendana, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala, Universitas Pattimura, UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Warmadewa, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Ciputra.

Berikutnya Universitas Hangtuah, Universitas Surabaya, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Khairun, Universitas Islam Malang, dan Universitas Nahdatul Ulama Surabaya.

RMO merupakan program kerja yang menggabungkan kerjasama antara ISMKI Wilayah 4 dengan bidang Pendidikan dan Profesi dari setiap Institusi di Wilayah 4. Tahun ini, RMO akan diselenggarakan secara offline di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah.

RMO 2023 akan menghadirkan 6 cabang lomba yang menarik, yaitu Kardiologi-Respirasi, Gastroenterohepatologi, Neurologi-Psikiatri, Muskuloskeletal, Urologi-Reproduksi dan Penyakit Tropis.

Para peserta akan berkesempatan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang-bidang tersebut. Selain kompetisi cabang lomba, RMO 2023 juga menawarkan serangkaian acara non Olimpiade yang akan menambah keceriaan dan pengalaman peserta. Acara-acara tersebut meliputi Welcoming Party, Talk Show, City Tour, dan Farewell Party.

Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT menyambut hangat para tim Fakultas Kedokteran dari seluruh perguruan tinggi regional IV di Palu. Katanya kompetisi ini tentu akan meningkatkan skill serta kemampuan Kedokteran dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Regional 4 yang nantinya setiap pemenang akan bertanding lagi ke tahap yang lebih selektif lagi (nasional).

“Kami percaya Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Wilayah 4 telah memiliki standar yang luar biasa untuk melaksanakan kompetisi seperti ini. Di Untad, kami pun sudah selektif dalam menerima mahasiswa yang akan masuk ke Fakultas Kedokteran, pada zaman seperti saat ini terdapat 3 karakter Pendidikan yang perlu menjadi fokus kita, diantaranya Pengembangan Karakter, Kompetensi dan Literasi, ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Sekali lagi, kami ucapkan selamat datang kepada seluruh tim FK regional IV di Regional Medical Olympiad (RMO) 2023,” papar Prof. Amar.

Kemudian Dr. dr. Moh. Ardi Munir, M.Kes., Sp.OT, FICS, FAACT, MH selaku Dekan Fakultas Kedokteran menyampaikan rasa bangga menjadi tuan rumah dalam pelaksana RMO Wilayah 4 Tahun 2023.

“Dengan berbagai apa yang pernah kita alami seperti bencana tahun 2018 silam namun akhirnya para delegasi mau datang ke dan ternyata adalah fakultas yang sudah diperhitungkan di ranah Nusantara,” papar dr. Ardi Munir.

Dikesempatan yang sama, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M. Kes selaku Wakil Walikota Palu mengapresiasi Universitas Tadulako yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Regional Medical Olympiad (RMO) pada Tahun 2023. “Saya sangat mengapresiasi Universitas Tadulako yang bisa melaksanakan acara yang luar biasa malam ini yang bisa mendatangkan berbagai tim Fakultas Kedokteran yang ada di seluruh Indonesia (wilayah regional IV). Kemudian saya ingin menyampaikan juga selamat datang di Kota Palu. Saya harap adik adik bisa menikmati keindahan Teluk Palu,” ujar dr. Reny.

Pada kesempatan lainnya, Gubernur Sulteng yang di wakili oleh dr. I Komang Adi Sujendra, Sp.PD selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng berharap bahwa kompetisi ini dapat meningkatkan kualitas SDM Mahasiswa Kedokteran semakin maksimal.*ENG