RAYA– Karya Kerajinan Tangan (Kriya) menjadi salah satu aset untuk memenuhi permintaan pasar global akan kerajinan tangan yang khas Indonesia.

Dalam rangka mempromosikan dan mendorong kriya unggul, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar Pameran Kriyanusa 2023 dengan tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju” pada 13 – 17 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Sebanyak ratusan produk milik pengrajin terampil dari seluruh pelosok negeri terpajang indah di acara yang turut dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu
Wakil Presiden Wury Ma'ruf Amin tersebut. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau yang menjadi salah satu sponsor dari kegiatan ini pun turut menampilkan produk kriya dari binaan.

Penyelenggaraan Pameran Kriyanusa 2023 merupakan salah satu wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha dan produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia. Wury Ma'ruf Amin mengatakan acara ini juga membawa keuntungan ekonomi untuk Indonesia.

“Kriya unggul bukan hanya tentang menghormati tradisi dan budaya, tetapi juga tentang menciptakan lapangan kerja, mempromosikan keberlanjutan, dan menghasilkan keuntungan ekonomi yang signifikan bagi Indonesia,” ucapnya dalam sambutannya pada acara pembukaan Kriyanusa 2023, Rabu (13/9/2023).

Selaras dengan Wury, istri dari Menteri RI Erick Thohir sekaligus Ketua Bidang Pendanaan Dekranas Liza Thohir berharap kegiatan yang sudah berlangsung 6 tahun berturut-turut ini kembali bisa membantu produk lokal. Di sisi lain, dia berharap agar pengrajin semakin meningkatkan kreativitasnya.

“Tujuan utama dari Pameran Kriyanusa ini adalah untuk membantu pemasaran produk-produk binaan Dekranasda dan memberikan ruang bagi industri kerajinan Nusantara untuk terus berupaya memunculkan kreativitas dan inovasi dalam rangka meningkatkan usahanya serta menampilkan produk unggulannya,” ucapnya.

Kesempatan memfasilitasi usaha lokal yang bergerak di bidang kerajinan tangan agar semakin dikenal dunia pun tak disia-siakan BRI. Bank dengan nasabah terbanyak di Indonesia ini memberikan kesempatan kepada empat UMKM binaannya untuk memamerkan sejumlah produk.

Keempat UMKM itu adalah Craftote: Gallery & Coffee yang menghasilkan produk dari anyaman bambu serta coffee shop, kemudian Lion Keramik Industri dengan produk peralatan rumah berbahan dasar keramik, Lampu Runa dengan produk lampu dengan desain kreatif dan ramah lingkungan, serta Maja Watch dengan produk jam tangan ramah lingkungan.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan bahwa kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan tahunan Dekranas ini sangat berharga terutama bagi UMKM binaan. Hal ini sejalan dengan komitmen BRI dalam mewujudkan hingga pasar global.

“BRI hadir memberikan pelayanan dalam mendukung program pemerintah pada aspek permodalan bagi UMKM. Peranan UMKM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sangat penting sehingga diharapkan dengan partisipasi UMKM binaan BRI di Kriyanusa 2023 semakin melegitimasi kepercayaan masyarakat terhadap UMKM,” ucapnya.

Pameran yang tahun ini mengangkat ikon kebudayaan Betawi tersebut dimeriahkan dengan berbagai acara seperti talkshow, demo kerajinan kriya, peragaan busana dan kesenian dari berbagai daerah. Pameran Kriyanusa 2023 juga semakin semarak dengan adanya program Dekranas yang merupakan salah satu apresiasi Dekranas kepada pelaku usaha dan perajin yang kreatif serta memiliki kriya terbaik Indonesia. RHT