RAYA –  CV sebagai diler utama motor di Sulteng memastikan  motor Yamaha memiliki rangka yang kuat untuk menjamin keamanan pengendara.

Motor Yamaha yang dirancang dengan teknologi canggih memastikan ketahanan motor di setiap perjalanan. Rangka motor yang kuat dan aman sebagai bentuk komitmen Yamaha untuk mempertahankan tagline mereka yaitu “Semakin Di Depan,”.

Instruktur Yamaha CV Akai Jaya Motor,  Adin Mangge, menjelaskan bahwa rangka Yamaha hadir dalam tiga model berbeda. Pertama adalah under bone yang digunakan pada semua tipe motor matik Yamaha. Sementara yang kedua adalah delta box yang digunakan pada sepeda motor seperti Vixion, R15, MT 15, dan XSR 155. Model rangka ketiga, yang dikenal sebagai diamond, secara khusus digunakan untuk motor R 25 dan MT 25. Diamond frame ini juga memiliki varian turun yang disebut semi double cradle, yang digunakan pada motor WR155.

Adin Mangge menjelaskan bahwa bahan utama yang digunakan dalam rangka Yamaha adalah baja karbon tipe JIS G 3445 dengan ketebalan 2,3 mm. Rangka ini dilas secara rapi oleh robot dan memiliki saluran air yang penting.

“Bahan utamanya ini tidak pernah  diganti oleh Yamaha. Mengikuti teknologi seperti saluran air ini yang sudah diterapkan dari unit Yamaha jauh sebelumnya,” kata Adin Mangge, Jum'at (8/9/2023).

Adin menjelaskan bahwa rangka Yamaha melewati uji coba sebelum dirakit. Yamaha melakukan uji kekuatan pengelasan pada setiap produksi dan menguji ketahanan cat dengan menyemprotkannya dengan air garam selama 240 jam, setara dengan 10 hari.

Selain itu, rangka Yamaha juga menjalani proses pelapisan cat yang unik. Rangka dicelup untuk memastikan bahwa semua bagian besi terlapisi dengan baik di luar maupun dalam. Ini juga dialiri listrik untuk memastikan cat menempel sempurna tanpa gelembung udara di besi rangka.

“Salah satu teknologi lain yang diterapkan Yamaha adalah saluran air atau drain hole. Saluran ini memastikan bahwa cairan yang masuk ke dalam rangka dapat keluar dengan mudah, sehingga rangka tidak terendam dan tidak mudah berkarat,”jelas Adin.

Bagian Promosi CV Akai Jaya Motor, Surya Rifardy  mengatakan, hingga saat ini, tidak ada kasus konsumen yang mengeluhkan rangka patah akibat keropos.

“Semua rangka Yamaha sudah teruji awet dan kuat,” ujar Surya

Sementara itu, Direktur Marketing CV Akai Jaya Motor, Andi Raharja Limbunan menjelaskan, sejak dulu, Yamaha berani menunjukan kualitas motor ke publik dengan percaya diri.

“Jadi bukan hanya karena kasus rangka eSAF saja. Kita tidak menari di atas kasus yang menimpa kompetitor, akan tetapi kita sebagai Yamaha mempertegas bahwa produk Yamaha secara proses produksi, kualitasnya sangat diperhatikan,” tegas Andi Raharja Limbunan.  HJ