SULTENG RAYA – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melaksanakan Ngetren Media (ngobrol etika penyelenggara pemilu dengan media) di  Kota ,  Rabu (6/9/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan perwakilan media di Kota Palu ini dihadiri langsung Anggota DKPP, Ratna Dewi Pettalolo sebagai narasumber. Pada kesempatan itu, Ratna Dewi  Pettalolo mengajak media untuk berperan aktif dalam mewujudkan berkualitas dan bermartabat.

Kata Ratna Dewi, biasanya kegiatan Ngetren dilaksanakan bersama maupun . Tetapi, Ngetren kali ini melibatkan media, karena media merupakan salah satu pilar penting dalam membangun demokrasi di Indonesia.

Menurutnya, dalam menjalankan tugas-tugasnya, media harus tunduk pada etika, karena memiliki peran sangat penting dalam menyajikan informasi kepada masyarakat.

Informasi yang disajikan kepada publik harus informasi akurat, objektif, dapat dipertanggungjawabkan, dan menggiring pemilih pada pilihan yang cerdas.

“Dalam menjalankan tugas-tugasnya, media harus tunduk pada etika,” katanya.

Mantan anggota Bawaslu RI ini juga menjelaskan, Sulteng dipilih sebagai  tempat pelaksanaan Ngetren Media, karena media di Sulteng dinilai cukup kooperatif dalam membangun komunikasi dan informasi dalam mengawal Pemilu dari periode ke periode.

Selain Ratna Dewi Pettalolo, narasumber yang hadir dalam kegiatan itu yakni akademisi Fakultas Hukum Untad, Supriadi, SH, MH dengan materi Relevansi Penguatan Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) Tahapan Pemilu Tahun 2024 dari Perspektif Hukum.

Hadir pula, Wakil Ketua PWI Sulteng, Fery yang membawakan materi Peran Media Massa dalam Penegakan Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) dan Demokrasi di Indonesia. WAN