SULTENG RAYA – Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) mencatat, jumlah Health Certificate (HC) mengalami peningkatan signifikan sebanyak 39 HC pada Agustus 2023.

“Jumlah HC yang disertifikasi oleh SKIPM palu pada Agustus 2023, mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan Januari-Juli 2023,” kata Pelaksana Koordinasi Urusan (PKU) Pengawasan, pengendalian dan Informasi SKIPM Palu, Irmawan Syafitrianto, Selasa (5/9/2023).

Ia merinci, pada Januari 2023 terdapat tujuh HC, Februari 21 HC, Maret 22 HC, April tujuh HC, Mei tiga HC, Juni tiga HC dan Juli tujuh HC, meningkat pada Agustus sebanyak 39 HC dengan total nilai 160.198 USD.

“Peningkatan ini, dikarenakan bertambahnya Unit Pengolah Ikan (UPI ) yang awalnya hanya tiga meningkat menjadi lima pada Agustus 2023, insyaallah Minggu ini akan meningkat menjadi enam,” jelasnya.

Sementara, untuk komoditas dan negara tujuan, yakni Thailand dengan komoditas kerang darah, Malaysia dengan komoditas kerang darah dan kepiting bakau. Serta, Singapore dengan komoditas tenggiri, kakap, kerapu dan kepeting bakau.

“Dengan adanya peningkatan ini, diharapkan jumlah HC ekspor yang diterbitkan semakin banyak, sehingga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Sulteng,”ucapnya.ULU