RAYA – Satuan Lalulintas (Satlantas) Poso menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) guna meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan dalam menjaga ketertiban lalu lintas.

Hal itu dilakukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala 2023 yang dimulai pada hari ini Senin tanggal 4 September 2023 sampai dengan tanggal 17 September 2023 secara serentak.

Kapolres Poso, AKBP Riski Fara Sandhy menuturkan, Latpraops dilakukan agar pelaksanaan operasi nantinya dapat berjalan lancar sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), serta dapat mengatasi segala potensi hambatan yang mungkin terjadi. “Para personel melakukan simulasi situasi lalu lintas yang beragam, termasuk pengaturan arus lalu lintas, himbauan Kamseltibcarlantas serta penegakan lalin tilang elektronik,” tuturnya.

Menurutnya, Latpraops ini untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapan seluruh personel, dalam menghadapi situasi nyata saat pelaksanaan operasi nantinya. Nantinya, Satlantas Poso akan bekerjasama dengan instansi terkait. Seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Poso dan lembaga penegak hukum lainnya. “Hal itu demi menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman dan tertib bagi masyarakat,” sebut Kapolres, Jumat (1/9/2023).

Dijelaskannya, Operasi Zebra Tinombala ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menaati peraturan lalin demi mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran di jalan raya. “Yang terpenting adalah menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab serta mengutamakan keselamatan semua pengguna jalan,” tegas Kapolres.

Latpraops itu, melibatkan personel Satlantas bersama Kepolisian lainnya untuk memastikan kolaborasi yang efektif dalam menjaga keamanan dan pengamanan di jalan raya. SYM