RAYA-Tim Mobile Lab dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) aktif berperan dalam mendukung suksesnya kegiatan kunjungan kerja Presiden RI di Kota .
Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 29 Agustus 2023 dan digelar di Lapangan Yonif 711 Raksatama Palu. Dalam upaya menjaga kesehatan dan keselamatan rombongan presiden, Tim Mobile Lab yang terdiri dari Kepala UPT Labkesda, yaitu dr. Rizqa, Kepala seksi pengujian, Kepala seksi pelayanan dan mutu, serta 2 analis kesehatan, turut berpartisipasi secara langsung.

Keikutsertaan Tim Mobile Lab dalam acara ini merupakan bentuk tanggung jawab Labkesda dalam menjamin kesehatan seluruh rombongan presiden selama kunjungan kerja.

Sebelum pelaksanaan acara, pada hari Kamis tanggal 24 Agustus 2023, Tim Mobile Lab menerima undangan untuk menghadiri rapat koordinasi yang dipimpin oleh Dandenkesyah. Dalam rapat tersebut, Labkesda diberikan tugas untuk melakukan sejumlah pemeriksaan kesehatan, termasuk pemeriksaan urin untuk mendeteksi narkoba, tes swab antigen -19, serta pengukuran tekanan darah bagi para sopir mobil yang akan menjadi bagian dari rombongan Presiden RI.

Pelaksanaan tugas pemeriksaan kesehatan yang telah diamanahkan kepada Labkesda dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2023, bertempat di Yonif 711 Raksatama.

Tim Mobile Lab akan melaksanakan pemeriksaan urin, yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua sopir mobil rombongan dalam kondisi bebas dari pengaruh . Selain itu, tes swab antigen COVID-19 juga akan dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus di tengah-tengah rombongan.

“Kehadiran Tim Mobile Lab Labkesda Sulteng dalam kunjungan kerja Presiden ini, mencerminkan komitmen penuh kami dalam menjaga keselamatan dan kesehatan para peserta kunjungan, terutama dalam menghadapi tantangan kesehatan yang masih dihadapi akibat pandemi COVID-19.

Dengan melakukan pemeriksaan secara teliti dan akurat, Alhamdulillah seluruh rangkaian acara kunjungan kerja dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pihak yang terlibat,”sebut dr. Rizqa. ENG