RAYA- Bupati , Mohamad Irwan Lapatta, M.Si, menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Wilayah Kecamatan, sampai pada Kepala Desa di kabupaten itu melakukan inventarisir semua Sekola Dasar (SD) yang sudah melakukan imunisasi lanjutan kepada peserta didiknya.

Katanya, hal itu penting dilakukan untuk memastikan semua peserta didik di kabupaten itu, khususnya usia SD mendapatkan imunisasi lanjutan, guna menyongsong generasi emas di tahun 2045.

Hal tersebut disampaikan saat membuka kegiatan Semarak Kampanye Sekolah Sehat 2023 sebagai bentuk dukungan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD Negeri 1 Binangga, Kecamatan Marawola, , Kamis (31/8/2023).

“Jika ini (imunisasi anak) sudah dianggaran itu harus dilakukan, jikapun belum harus segera dianggarkan, dengan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kadis Pendidikan Provinsi,”sebutnya.

Katanya, kegiatan itu harus ditindak lanjuti dalam bentuk kegiatan-kegiatan, mengingat kegiatan itu adalah proyek nasional sekaligus amanah negara, kegiatan ini sangat penting sebab berkaitan dengan Indonesia sehat.

Dimana Kabupaten Sigi, berdasarkan yang Bupati peroleh, baru sekitar 50 persen peserta didik SD yang menerima imunisasi lanjutan. Ia berharap itu bisa segara tentas 100 persen.

Kegiatan seperti ini katanya, bukan hanya tanggungjawab Dinas Pendidikan dan Dinas Kehatan melainkan juga instansi lain, seperti Dinas dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) yang berkaitan dengan gizi.

Karena melalui tanaman bergizi yang ada di sekitar pekarangan rumah yang sudah menjadi program Dinas TPHP yang berkoordinasi dengan Dinas Pertanian kemudian terstruktur kebawah lewat Camat, Ketua PKK sampai pada titik desa.

“Untuk itu sejak dini dari awal untuk membangun pondasi melalui kegiatan-kegiatan seperti hari ini, kolaborasi sangat penting, Dinas Pendidikan dan Kesehatan satu minggu ini  lakukan pertemuan, di hari Senin bentuk tim, sehingga kegiatan ini tidak hanya seremonial seperti hari ini, artinya benar-benar dilakukan,”tegas Bupati.

Di tempat yang sama, juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan yang sudah melaksanakan kegiatan itu dan menempatkannya di Kabupaten Sigi. ENG