SULTENG RAYA – Terus melakukan pemberdayaan kepada Usaha Kecil dan Menengah (), BRI menghadirkan Pesta Rakyat Simpedes () di Pandaan, Jawa Timur. Menjadi PRS utama yang ketiga pada tahun ini setelah sebelumnya diselenggarakan di kota Yogyakarta dan Bandung, kegiatan ini berjalan meriah dipadati masyarakat Pandaan dan sekitarnya.

Menghadirkan lebih dari 150 UMKM unggulan Jawa Timur yang menjadi binaan BRI, acara ini juga dihadiri lebih dari 10.000 Group dan masyarakat umum, serta ratusan komunitas penggiat budaya Jawa Timur. Adapun gelaran yang diselenggarakan oleh Tabungan BRI Simpedes ini mengusung tema “Pede Raih Peluang”, dilaksanakan pada 26-27 Agustus 2023 di Taman Candra Wilwatika, Pandaan.

Kegiatan PRS ini semakin meriah dengan kehadiran banyak bintang tamu mulai dari Via Vallen, Inul Daratista, Slank, Repvblik. Disamping itu, kegiatan ini menghadirkan berbagai diskon dan pilihan produk UMKM unggulan, aneka jajanan kuliner, cek kesehatan dan gratis, seputar bisnis dan literasi , wahana permainan dan kompetisi e-sport, panen hadiah dan berbagai hiburan lain.

Pesta Rakyat Simpedes BRI tahun 2023 sendiri berlangsung pada bulan Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia. Acara ini akan ditayangkan secara langsung melalui kanal BRI dan ditayangkan melalui siaran televisi Kompas TV.

Terkait kegiatan tersebut, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan, PRS sudah menjadi komitmen BRI dalam mendukung UMKM di Indonesia. “Acara PRS telah dilaksanakan rutin, diadakan di sejumlah kota untuk mengusung UMKM unggulan di daerah masing-masing. Tentunya hal ini sejalan dengan komitmen PRS untuk mengajak seluruh UMKM semakin pede meraih peluang sehingga mampu meraih peluang di segala lini bisnis”, ungkapnya.

Selain menampilkan beragam hiburan, pada kegiatan ini dilakukan berbagai program untuk memberdayakan UMKM, literasi digital, hingga memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah.

Sementara itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang juga hadir dalam acara tersebut mengapresiasi peranan BRI dalam mendukung perekonomian daerah. “Acara ini menjadi kolaborai yang penting antara instansi pemerintah dengan lembaga keuangan seperti BRI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Irsyad.

Dalam PRS Pandaan 2023 ini, komitmen BRI dalam memberdayakan UMKM diwujudkan salah satunya melalui talkshow edukatif kelas UMKM. Talkshow tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat berkembang lebih pesat lagi.

Panggung edukasi Kelas UMKM hadir dengan dua tema utama yaitu, “Besarkan Usahamu dan Hasilkan Produk yang Digemari” dan “Positioning dan Membuat Konten Dasar”. Harapannya dengan diselenggarakannya kelas UMKM ini dapat memberdayakan pelaku UMKM serta memberikan pengetahuan dan bekal meraih kesuksesan di dunia bisnis.

Tak hanya itu, PRS Pandaan 2023 juga dimeriahkan dengan serangkaian acara menarik. Hari pertama, PRS diawali dengan agenda pawai seni dan budaya dengan diikuti lebih dari 500 peserta meliputi marching band, parade fashion, reog dan jaranan, majapahitan serta parade budaya antardesa.

Kemudian terdapat area Pasar yang merupakan kegiatan bazar bagi para peserta UMKM menjual produk unggulan khas Kota Pandaan. Pada area bazar ini menjadi referensi kegiatan digitalisasi finansial dalam mengubah kebiasaan para nasabah dari yang menggunakan tunai menjadi cashless melalui aplikasi . Diharapkan nasabah mampu terbiasa menggunakan aplikasi tersebut dengan fitur-fiturnya.

Selanjutnya, kegiatan Panen yang merupakan pengundian hadiah mewah berupa uang tunai jutaan rupiah yang dapat diikuti oleh seluruh pengunjung serta pengumuman pemenang undian doorprize. PRS BRI 2023 juga memberikan ruang kegiatan hiburan melalui Pojok X'Sis yang diisi dengan kegiatan mural dengan kolaborasi seni lokal, Pesta Durian, dan masih banyak lagi keseruan lainnya melalui kegiatan Pojok X'Sis.

Bentuk kepedulian sosial BRI pun hadir melalui booth BRI Peduli yang dapat dikunjungi oleh pengunjung selama acara PRS berlangsung. Dengan membayar Rp1 melalui aplikasi BRImo, pengunjung dapat melakukan cek kesehatan secara gratis, donor darah, sembako gratis dan menukarkan sampah plastik secara gratis dengan voucer ratusan ribu rupiah.