RAYA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR), dr Eni Gustina, bersama timnya, telah melakukan verifikasi lapangan untuk memilih role model Tempat Praktik Bidan (TPMB) tingkat nasional di TPMB Amanah Kota , Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (21/08/2023).

Selama kunjungannya, dr Eni Gustina, menekankan pentingnya pelayanan Keluarga Berencana (KB) diberikan bidan di TPMB, telah memberikan kontribusi signifikan dalam pencapaian layanan kontrasepsi.

“Data menunjukkan bahwa pada tahun 2022, persentase pelayanan kontrasepsi modern di TPMB mencapai 37,38 persen berdasarkan Pemutakhiran Pendataan Keluarga, 2022,” ungkap dr Eni Gustina.

Dalam pelayanan KB di TPMB, semua proses yang dilakukan harus sesuai dengan peraturan berlaku, mulai dari persiapan sumber daya, fasilitas pendukung, penyediaan alat dan obat kontrasepsi, hingga penyelenggaraan pelayanan itu sendiri.

Salah satu strategi penguatan pelayanan KB di TPMB adalah pemilihan role model. Tujuan dari strategi ini adalah menjadikan TPMB sebagai contoh yang mampu memberikan pelayanan KB secara menyeluruh dan memberikan motivasi bagi TPMB lain di seluruh Indonesia.

TPMB Amanah Palu telah terpilih sebagai salah satu dari tiga TPMB masuk dalam nominasi. Oleh karena itu, kunjungan Deputi dan timnya bertujuan untuk mengevaluasi langsung kesesuaian antara profil role model dengan penilaian yang dibuat saat presentasi, serta situasi yang ada di TPMB.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny C Soriton, menjelaskan, alasan mengapa TPMB Amanah diusulkan mewakili Sulteng sebagai role model TPMB tingkat nasional.

Hal itu berkaitan dengan kontribusi besar TPMB Amanah dalam mendukung program KB di Sulteng, khusunya , terutama saat bencana alam pada tahun 2018.

“Saat itu, TPMB Amanah tetap menjadi tempat rujukan masyarakat untuk persalinan dan pelayanan KB, meski banyak fasilitas kesehatan lainnya mengalami hambatan,” ujarnya.

Sementara itu, Bidan sekaligus pemilik TPMB Amanah, Muntik Agustina, mengaku, berterima kasih kepada BKKBN telah memilih menjadi role model tingkat nasional.

“Kami dari TMPB Amanah Palu, berterima kasih kepada BKKBN karena telah memilih TMPB Amanah sebagai role model. Semoga kedepanya kami dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal lagi kepada masyarakat,” ujarnya.

Beberapa program penting telah diimplementasikan di TPMB Amanah, seperti program KB gratis setiap Kamis, integrasi pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak secara gratis, integrasi antara pelayanan KB dan imunisasi serta pelayanan yang tidak membeda-bedakan golongan.

“Dalam proses pelayanan yang kami berikan di TMPB Amanah semua dilandasi dengan motto Melayani dengan Hati, dengan begitu kami bisa mendapatkan hasil pelayanan KB setiap bulannya dengan rata-rata sebanyak 270 akseptor KB,” tutur Bidan Muntik.HGA