SULTENG RAYA – Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) berhasil menyelesaikan penyalaan pelanggan pasang baru PT. Esaputlii Prakarsa Utama dengan daya 1.110.000 VA untuk keperluan tambak udang.

Kegiatan penyalaan itu dilakukan langsung oleh Manager PLN UP3 Palu, Yanuar dengan PT. Esaputlii Prakarsa Utama yang diwakili Efendi Batjo di Site Tambak Udang PT. Esaputlii Prakarsa Utama, Desa Donggulu, Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), Ahad (13/8/2023).

Yanuar menyampaikan, PLN berkomitmen untuk mendukung sektor perikanan di Sulteng melalui program Electrifying Agriculture (EA). Program itu merupakan salah satu inovasi PLN untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya operasional usaha melalui pemanfaatan listrik dan teknologi modern di sektor , peternakan dan perikanan.

“Peluang pengembangan sektor perikanan, khususnya potensi tambak-tambak udang di Sulteng, melalui program EA PLN akan semakin terbuka. Karena pelanggan dapat memanfaatkan teknologi modern berbasis energi listrik untuk mendongkrak produktivitas dan menekan biaya operasional,” ucap Yanuar.

PLN terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Tak hanya menghadirkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik, PLN terus hadir memberi manfaat bagi masyarakat luas melalui berbagai program inovasi.

Dari kondisi yang ada saat ini potensi kebutuhan listrik di sektor perikanan Sulteng diproyeksikan mencapai 54,5 megawatt (MW). Sedangkan, Daya mampu Sistem Sulteng saat ini adalah sebesar 297,7 MW, dengan beban puncak sebesar 265,9 MW dan cadangan daya sebesar 30,8 MW. Di tahun 2023 ini juga direncanakan akan ada penambahan daya mampu dari PLTU Palu 3 unit 1 sebesar 50 MW. Artinya tidak ada kendala dalam memenuhi kebutuhan terhadap daya yang dibutuhkan dari sektor perikanan ini.

“Untuk daya mampu kelistrikan di Sulteng, kami sangat optimis. Hal ini membuktikan bahwa PLN selalu siap mendukung pertumbuhan sektor perikanan dan pertaninan masyarakat dengan pasokan listrik yang andal,” jelas Yanuar.

PLN terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Tak hanya menghadirkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik, PLN terus hadir memberi manfaat bagi masyarakat luas melalui berbagai program inovasi. */HJ