RAYA – Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Daerah Kota untuk mengisi mengisi kekosongan Jabatan Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Kadisdamkarmat) dan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Palu di tingkat Pemerintah Kota (Pemkot) Palu sudah selesai.

melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Palu telah mengirimkan tiga besar masing-masing jabatan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Analis SDM Aparatur BKPSDMD Kota Palu, Ashadi, mengatakan, saat ini, Pemkot Palu tinggal menunggu hasil rekomendasi dari KASN.

Adapun tiga besar hasil seleksi pada jabatan Kadis Pariwisata, masing-masing Rahmad Mustafa, Ridwan Mustapa dan Suriana. Sedangkan tiga besar hasil seleksi pada jabatan Kadisdamkarmat Kota Palu, yakni Hasan, Husna dan Yohan Wahyudi.

“Saat ini masih menunggu rekomendasi dari KASN untuk melantik calon terpilih. Selanjutnya, untuk menentukan Kadis terpilih merupakan hak dan wewenang Wali Kota Palu,” jelas Ashadi, kepada Sulteng Raya, Kamis (24/8/2023).

Ia menjelaskan, sebelum penentuan tiga besar, sejumlah proses seleksi telah dilaksanakan melalui sistem seleksi Sistem Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti). Terdapat empat tahapan penilaian telah dilalui, yakni seleksi administrasi dan rekam jejak, seleksi kopetensi, penyusunan dan penulisan makala, dan seleksi wawancara.

DIBUKA SEJAK MEI

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu membuka seleksi jabatan dua kepala organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Palu dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Kadisdamkarmat) Kota Palu.

Pengumuman seleksi tersebut berdasarkan Surat Pengumunan Nomor: 03/PANSEL-JPTP.KP/2023 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Palu tahun 2023 tertanggal 22 Mei 2023.

Dalam surat pengumuman yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi Terbuka JPTP Kota Palu, Irmayanti Pettalolo yang juga Sekkretaris Kota (Sekkot) Palu tersebut, menyebutkan, seleksi jabatan tersebut dilakukan untuk mengisi mengisi kekosongan dua pimpinan OPD tersebut.

Kadisdamkarmat Kota Palu sebelumnya dijabat Sudaryano R Lamangkona, kini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (DKIPS) Sulawesi Tengah, sedangkan Kadispar Kota Palu sebelumnya dijabat Farid R Yotolembah, kini menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Sulteng Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Keduanya dilantik bersama 12 pejabat tinggi pratama lainnya oleh Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura pada awal Maret 2023 lalu.

Dalam surat pengumuman itu, pengisian JPTP di lingkungan Pemkot Palu tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.HGA/JAN