RAYA – Pertandingan seru dan dramatis terjadi pada Babak Kualifikasi (BK) PON XXI/2024 wilayah Sulawesi yang mempertemukan tim putra Sulawesi Utara (Sulut) berhadapan dengan Sulawesi Selatan (Sulsel) di GOR Tombolotutu Parigi, Minggu malam (20/8/2023).

Tim putra Sulsel yang sempat unggul 2-0 harus mengakui kemenangan tim putra Sulut secara dramatis dengan skor akhir 2-3 (25-19, 25-22, 20-25, 20-25, 16-18). Pada pertandingan ini tim Sulut diperkuat oleh Jordan Susanto yang merupakan pemain klub Lavano Allo Bank yang merupakan juara Pro Liga tahun 2022 dan 2023.

Pada game pertama dan kedua tim putra Sulsel tampil dominan melalui serangan-serangan tajam yang sulit dibendung oleh para pemain. Smash-smash tajam dari Jordan berhasil diredam oleh para pemain Sulsel yang menghadang dengan dua hingga tiga pemain yang melakukan blok. Pada game pertama dan kedua Sulsel unggul 25-19 dan 25-22.

Namun perubahan terjadi game ketiga dan keempat. Permainan tim Sulsel mulai dapat diantisipasi oleh Jordan dan kawan-kawan. Praktis pada set ketiga dan keempat tim Sulsel mendomasi jalannya pertandingan.

Smash-smash tajam serta serve dengan jumping smash oleh Jordan semakin sulit dibendung oleh tim Sulsel. Ditambah lagi banyak kesalahan yang dilakukan para pemain Sulsel seperti serve yang tidak masuk atau menyangkut di net dan kesalahan umpan Ketika hendak melakukan smah. Pada game ketiga dan keempat Sulut unggul dengan skor 25-20 dan 25-20.

Pertandingan seru terjadi pada game kelima. Saling kejar poin terjadi hingga kedudukan 9-7 untuk keunggulan Sulsel. Namun tim Sulut berhasil menyamakan kedudukan 9-9. Pertandingan semakin seru karena terjadi kejar-kejaran poin hingga 14-14. Sulsel sempat dua match poin namun selalu berhasil disamakan oleh Sulut hingga poin menjadi 16-16. Sulut akhirnya meraih dua poin terakhir melalui smash tajam Jordan sekaligus mengunci kemenangan Sulut. AJI