RAYA – HUT ke-78 Republik Indonesia menghadirkan suka cita dan semangat kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia hingga ke pelosok negeri.

Peringatan hari kemerdekaan yang jatuh pada Kamis, 17 Agustus 2023 diharapkan dapat menjadi momentum mendorong Indonesia menjadi negara maju, sebagaimana tema HUT ke-78 RI “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Dalam rangka merayakan dan memaknai hari kemerdekaan tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau menyelenggarakan BRILian Independence Week 2023 pada 17 dan 18 Agustus 2023.

Di samping kegiatan upacara bendera dan berbagai lomba khas kemerdekaan, rangkaian acara tersebut juga menyajikan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi para nasabah dan pelaku Usaha , Kecil dan Menengah (UMKM) yang tersaji dalam Bazaar UMKM BRILiaN di Kantor BRI Pusat pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Kegiatan itu menghadirkan delapan klaster unggulan yang secara intensif didampingi oleh Mantri BRI Unit dan mendapatkan dukungan program pemberdayaan dari BRI.

Bazaar kali ini diikuti oleh Klaster Durian Kuyambut, Klaster Jambu Kristal Tanwidjie, Klaster Pokhlasar Mekarsari, Klaster Wanita Nelayan, Klaster Tani Maju Jeruk Sipiturang, Klaster Keripik Ubi Banjar, Klaster Kelompok Tani Alpukat Tempilang, dan Klaster Kampung Nanas. Bazaar ini diharapkan tidak sekadar memperkenalkan produk masing-masing klaster namun juga menginspirasi lebih banyak UMKM binaan BRI bangkit dan maju bersama.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari mengungkapkan bahwa UMKM merupakan fundamental utama dalam penerapan kerakyatan. Peningkatan kesejahteraan UMKM bisa memiliki multiplier effect yang kuat bagi ekonomi Indonesia.

“BRI memiliki journey pemberdayaan yang komprehensif, mulai dari pemberdayaan dasar hingga membuka pasar bagi pelaku usaha binaan. Dalam rangka mendukung skala bisnis binaan, BRI secara rutin mengadakan pameran, salah satu nya Bazaar Klaster Mantriku, yang bertujuan untuk memperkenalkan produk – produk unggulan klaster usaha kepada masyarakat luas”, jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Ahad (20/8/2023).

Tak hanya itu, dalam rangkaian BRILian Independence Week 2023 ini juga menyajikan kebermanfaatan dari sektor pendidikan melalui program . Program itu berbentuk pemberian apresiasi dana Pendidikan kepada seluruh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional dan tenaga pendukungnya. BRI konsisten memberikan bantuan ini selama 13 tahun berturut-turut.

Tak sampai di sana, beasiswa juga diberikan kepada 1.800 anak berprestasi di Desa binaan BRI atau . Setiap penerima bantuan/anak mendapatkan apresiasi dana yang penyerahan secara simbolis dilakukan kepada 3 perwakilan anak yang diundang langsung ke Kantor Pusat BRI pada saat BRILiaN Independence Week.

Sementara itu, Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, mengungkapkan, apresiasi tersebut bertujuan untuk memotivasi generasi penerus bangsa agar tetap berprestasi. Hal ini sesuai dengan komitmen kami bahwa kehadiran BRI dapat memberikan value dan men-deliver value untuk masyarakat secara luas.

Masih banyak rangkaian menarik yang dihadirkan BRI pada BRILian Independence Week 2023. Mulai dari kegiatan Culture Fest berupa show case yang diantaranya menampilkan program culture activation BRIGADE MADANI (BRI, Pegadaian, dan Madani).

Program tersebut ditujukan untuk menginternalisasi core values AKHLAK yang menjadi bagian dari strategi (Umi) dalam menjalankan inisiatif strategis dalam memperkuat ketangguhan UMKM dan . RHT