SULTENG RAYA – Selama 14 bulan terakhir, Indonesia atau PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat 12.993 unit pemilik mobil Suzuki berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) merasakan dan membuktikan kemudahan perawatan layanan purnajual.

Suzuki mengklaim, konsumen mendapatkan kepuasan melalui layanan diberikan Bengkel Resmi Suzuki.

Pengalaman menyenangkan dialami pelanggan tersebut turut menambah kepercayaan terhadap produk dan teknologi dihadirkan Suzuki.

PT SIS terus memberikan mengenai perawatan produk untuk pelanggan. Mudahnya perawatan mobil hybrid Suzuki telah terbukti dalam setahun terakhir turut mengundang ketertarikan masyarakat, sehingga pengguna mobil hybrid Suzuki juga turut bertambah banyak.

Asst. to Dept. Head Service PT SIS, Hariadi, menerangkan, teknologi SHVS yang saat ini sudah ada pada beberapa unit Suzuki merupakan teknologi yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan.

“Memiliki mobil hybrid seperti yang dihadirkan oleh Suzuki sangatlah menyenangkan. Setidaknya itulah cerita pengalaman yang kami dapatkan dari pelanggan yang telah melakukan perawatan rutin di Bengkel Resmi Suzuki. Tidak hanya karena mudah dan praktis dalam penggunaan maupun perawatan, namun secara biaya juga tetap tergolong terjangkau dan tidak berbeda dari model sebelumnya. Sebagai contoh saja, total biaya perawatan rutin All New Ertiga Hybrid dan New XL7 Hybrid selama 5 tahun masih berkisar mulai dari angka 6 jutaan Rupiah,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Selasa (15/8/2023).

Menurutnya, konsep dasar yang dimiliki oleh teknologi SHVS terbentuk dari penggunaan mesin pembakaran internal dengan penyematan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. Kehadiran ISG memiliki fungsi ganda yaitu sebagai dan generator, sehingga dapat memberikan acceleration assist saat diperlukan dan dapat mengembalikan energi listrik kembali secara otomatis saat deselerasi. Sedangkan Lithium-Ion Battery berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang digunakan saat mesin membutuhkan dukungan tenaga maupun menjalankan berbagai perangkat kelistrikan saat mobil digunakan.

Setahun setelah peluncuran, Lithium-Ion Battery yang digunakan dalam teknologi hybrid Suzuki telah terbukti andal dan belum mengalami keluhan signifikan dari pelanggan. Hal ini menegaskan kualitas tinggi dari komponen kunci dalam sistem hybrid Suzuki.

Menjadi salah satu bagian dari kendaraan, komponen-komponen yang ada pada teknologi SHVS tentunya memerlukan perawatan yang harus diperhatikan untuk menjaga kinerjanya. Suzuki memberikan tips merawat SHVS agar tetap berfungsi dengan baik.

Perawatan Rutin di Bengkel Resmi

Perawatan berkala di bengkel resmi pasti banyak untungnya baik untuk yang hybrid maupun konvensional, seperti harga yang terjangkau, gratis jasa servis, oli dan part sampai 50.000 km, ditangani tenaga ahli yang memiliki sertifikasi, hingga pengecekan sebanyak Standar 23 item. Dengan adanya teknisi tersertifikasi, selain konsumen bebas cemas, proses perawatan pun dilakukan dengan tepat sehingga mampu menjaga kinerja mesin agar tetap optimal sehingga pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman dan aman.

Pemanasan Kendaraan Secara Rutin

Panaskan kendaraan secara rutin sebelum berangkat, terutama pada pagi hari atau setelah kendaraan tidak digunakan dalam waktu yang lama. Hal itu membantu menjaga kendaraan dalam kondisi optimal, sehingga menghindari potensi masalah saat pengoperasian, dan meningkatkan masa pakai komponen. Pastikan juga untuk memperhatikan indikator daya baterai yang tertera pada MID (Multi Information Display) agar Anda tetap dapat memonitor kondisi baterai dengan tepat.

Hindari Jalan Banjir Menjaga Sistem Electrical

Untuk menjaga sistem elektrikal pada kendaraan tetap berfungsi dengan baik, hindari berkendara di daerah yang sering terkena banjir tinggi. Air yang merendam bagian bawah kendaraan dan komponen elektrikal dapat menyebabkan kerusakan serius dan berpotensi mengganggu kinerja kendaraan.

“Untuk kedepannya kami berusaha untuk terus menjaga dan mempertahankan pelayanan yang kepada seluruh loyal konsumen. Teknologi SHVS yang saat ini sudah ada di beberapa unit kami menjadi salah satu bukti bahwa kami selalu ingin menghadirkan produk terbaik untuk menjawab kebutuhan konsumen dan ikut serta mendukung pemerintah untuk mengurangi pencemaran lingkungan,” tutup Hariadi. RHT