RAYA – Wali Kota , , secara resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023 di Taman Nasional, Depan Gedung Juang, Kota Palu, Selasa (15/8/2023).

Kegiatan dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, Ansyar Sutiadi itu, mengukuhkan 54 orang Paskibraka, terdiri dari 26 putra dan 28 putri.

Wali Kota Hadianto menyatakan, 17 Agustus merupakan momentum masyarakat Indonesia melakukan kontemplasi atas perjuangan telah dilakukan para pejuang, mengantarkan Bangsa Indonesia pada kemerdekaannya seperti dirasakan dan dinikmati masyarakat saat ini.

“Kemerdekaan itu memberikan kebebasan bagi kita sekalian, dalam melaksanakan aktivitas kita sehari-hari dengan penuh kebebasan, kedamaian dan ketenangan,” ujar wali kota.

Tentunya, kata dia, masyarakat wajib bagi memberikan setinggi-tingginya dan doa setulus-tulusnya kepada para pejuang atas capaian bangsa Indonesia saat ini.

Menurutnya, 17 Agustus bukan hanya sekedar perayaan kemerdekaan semata, akan tetapi menjadi sebuah makna dalam harus tertanam dalam jiwa sanubari menghargai jasa para pahlawan.

“Sehingga kita dapat melaksanakan dan melakukan aktivitas serta mengemban tugas kita sebagai generasi penerus bangsa ini, untuk senantiasa menjaga -nilai serta tekad yang tertanam dalam perjuangan yang telah diberikan oleh para pejuang kita,” katanya.

Ia menekankan kepada para Paskibraka Kota Palu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dalam melakukan seleksi dan proses hingga menetapkan para Paskibraka, bukanlah tanpa ukuran.

Seleksi dilakukan melalui Badan Kesbangpol Kota Palu begitu ketat dan menghasilkan para Paskibraka yang dikukuhkan.

Dengan demikian, kata dia, pencapaian telah didapatkan hari ini, harusnya mampu dijadikan sebagai momentum menguatkan para Paskibraka sebagai anak-anak pilihan Kota Palu.

“Tentunya ini menjadi kebanggaan awal bagi kalian untuk mengemban tugas sebagai anak-anak yang dimiliki oleh Kota Palu,” kata wali kota.

Ia berpesan, perjalanan ke depan cukup berat dan panjang yang akan dilewati, sehingga telah didapatkan maupun proses-proses telah dilewati, dapat terus mampu dijadikan sebagai modal dasar. Sehingga menguatkan tekad para Paskibraka Kota Palu untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan daerah, khususnya orang-orang tua dan bagi diri sendiri.

“Harapan kami Pemerintah Kota Palu, agar kalian senantiasa menjaga nilai-nilai kemerdekaan yang merupakan junjungan tertinggi dari keberadaan kita sekalian di tempat ini. Harapan terbesar ini, semoga dapat dilaksanakan dan ditunaikan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya. HGA