RAYA – Lurah Lolu Selatan (Losel), Sahdin, mengatakan, penagihan retribusi di Lolu Selatan kini sudah menggunakan aplikasi penagihan .

“Untuk terobosan dalam hal pelayanan, yaitu kini penagihan retribusi di Lolu Selatan didukung atau kini menggunakan aplikasi penagihan retribusi sampah yang mulai dilakukan pada Mei 2023,” kata Sahdin, Senin (14/8/2023).

Ia menjelaskan, terobosan pelayanan itu hadir untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar terjaga, aman dan terkelola dengan baik, salah satunya terkait retribusi sampah.

“Karena penagihan retribusi sampah dilakukan oleh pihak kelurahan, sehingga saya berpikir penagihan dari rumah ke rumah tidak menutup kemungkinan ada kebocoran. Nah, olehnya saya membuat terebosan melalui aplikasi ini walaupun penerimaan tetap secara manual,” jelasnya.

Walaupun penerimaan retribusinya masih tetap secara manual, ia mengatakan bahwa pihaknya meminta agar petugas lapangan dapat memasukkan jumlah penagihan dalam sistem aplikasi.

“Sehingga selaku lurah, saya bisa darimana pun mengecek jumlah tagihan yang diperoleh masing-masing petugas setiap harinya dan perlu diketahui data lapangan terkoneksi dengan komputer di kantor,” ucapnya.

Ia berharap, dengan aplikasi tersebut, dapat menghindari adanya penggunaan uang oleh petugas yang menagih secara tunai.

“Pada akhirnya, kita berharap, pembayaran retribusi sampah lebih oprimal,” ucapnya. ULU