RAYA – PT Tbk., resmi menyerahkan Ruang Kelas Belajar (RKB) sebanyak tiga unit lengkap dengan mobiler Madrasah Ibtidaiyah (MI) Alkhairaat, Desa Kolono, Kecamatan Bungku Timur, kepada Pemerintah Desa Kolono dan pihak sekolah, Jumat pekan lalu.

Serah terima gedung sekolah tersebut dihadiri Ketua Utama Alkhairaat, Habib Alwi bin Saggaf Aljufri, Ketua Komda Alkhairaat Morowali, , Wakil Ketua I DPRD Morowali, Syarifudin Hafid, Senior Manager Project Indonesia Growth Project (IGP) Morowali, Ridwan Setiawan, Senior Stakeholder Relations IGP Morowali, Asharul, Camat Bungku Timur, Sukman Gamal, dan Kepala Desa Kolono, Nulfa'i.

Pembangunan RKB untuk MI Alkhairaat tersebut merupakan wujud komitmen PT dalam membantu masyarakat di bidang pendidikan, melalui Program Masyarakat (PPM) di area pemberdayannya. Program ini juga merupakan salah satu program kemitraan strategis PPM 2022. Pembangunannya telah dimulai pada akhir Agustus 2022 lalu, dan rampung di 2023.

Andil PT Vale dalam melengkapkan pembangunan MI Alkhairaat Kolono, merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di area operasional.

Ketua Utama Alkhairaat, Habib Alwi bin Saggaf Aljufri menyampaikan terima kasih atas dukungan PT Vale dalam pengembangan potensi SDM khususnya pada wilayah kerja Alkhairaat di Kabupaten Morowali. Ia berharap, semoga pembangunan itu dapat melahirkan kader gemilang Alkhairaat yang membawa kebermanfaatan di masa mendatang.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kami berikan kepada PT Vale, semoga madrasah ini akan melahirkan tunas-tunas yang memberikan pengaruh positif kepada daerah di masa depan, dan harapannya semoga PT Vale terus merajut kebersamaan dengan masyarakat yang berada di wilayah operasinya,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Senin (14/8/2023).

Hal senada diutarakan Kepala Desa Kolono, Nulfa'i. Kades mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bergotong-royong terlibat dalam proses pembangunan MI Alkhairaat Desa Kolono. Ia juga mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi khususnya kepada PT Vale yang telah berkontribusi dalam mendorong peningkatan SDM di wilayah operasional perseroan.

“Kami berterimakasih dan apresiasi kepada Manajemen PT Vale yang tentunya telah memberikan sumbangsih besar terhadap pendidikan di Morowali khususnya di Desa Kolono,” kata Kades Nulfa'i.

Sementara itu, Project Director IGP Morowali, Topan Prasetyo menjelaskan, hadirnya PT Vale bukan sekadar berinvestasi pada pertambangan semata, namun lebih dari itu, perseroan juga berinvestasi pada lingkungan dan people, memberi kinerja yang memiliki makna bagi orang-orang di sekitar, salah satunya dengan mendorong kontribusi pada sektor pendidikan di wilayah pemberdayaan.

“Kehadiran PT Vale bukan sekedar berinvestasi pada pertambangan semata tapi juga pada lingkungan dan people. kita harus disertai kinerja, agar upaya kita ini bermakna, serta membawa manfaat seluas-luasnya, bertransformasi dan menciptakan masa depan yang baik bersama-sama,” tegasnya. 

Topan juga menambahkan, makna kehadiran PT Vale adalah mewujudkan komitmen meningkatkan kapasitas SDM Kabupaten Morowali di bidang pendidikan agar dapat berdaya saing. Olehnya, pembangunan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai sarana pembelajaran. “Kami memohon dukungannya untuk program yang kami jalankan di Morowali, dan juga mari kita terus bersinergi dan berkolaborasi untuk kemajuan Morowali yang lebih baik,” pungkas Topan. RHT