RAYA — Tiongkok dinilai memiliki peran strategis dalam meningkatkan arus masuk ke negara-negara di kawasan .

Demikian dikatakan Ketua ASEAN-Business Advisory Council (), Arsjad Rasjid, dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Selasa (1/8/2023).

Sebagai raksasa ekonomi dunia, lanjutnya, Tiongkok tercatat sebagai  salah satu  sumber terbesar  investasi asing langsung Foreign Direct Investment (FDI) di ASEAN. Pada 2021, investasi asing langsung Tiongkok yang tersebar di negara-negara ASEAN tercatat sebesar 13,8 miliar US dollar.  Negara-negara ASEAN itu yakni Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, , dan Vietnam.

“Ini capaian yang luar biasa yang patut diapresiasi. Selama beberapa dekade, Tiongkok telah membuktikan sebagai mitra terdepan ASEAN. Saya berharap ASEAN – Tiongkok akan terus mempertahankan kemitraan erat ini,” kata Arsjad.

Delegasi ASEAN-BAC berada di Beijing dan Shanghai, pada  25 – 27 Juli 2023 dalam rangkaian roadshow kepemimpinan Indonesia pada ASEAN-BAC 2023. Seluruh delegasi menggelar pertemuan dengan para  pengusaha tergabung dalam China Chamber of Commerce for Machinery and Electronic Products (CCCME), China Chamber of Commerce for Medicines and Health Products (CCCMHPIE), Center of China & Globalization, China Council for Promotion of International Trade (CCPIT), dan China Chamber of International Commerce (CCOIC).

“Syukur alhamdulillah, pertemuan berlangsung penuh persahabatan. Ada sejumlah komitmen yang telah kami sepakati, salah satunya adalah dengan melakukan penandatanganan memorandum of understanding () dengan pihak CCPIT dan CCOIC terkait pembaruan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok dalam berbagai sektor bisnis yang berada dalam naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia),” kata Arsjad.

Delegasi ASEAN-BAC juga melakukan pertemuan dengan Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC), FinVolution Group, dan Hycan. Ketiga perusahaan ini ditemui saat di Shanghai dan para delegasi membahas mengenai peluang investasi perusahaan tersebut di ASEAN dan Indonesia.

Saat bertemu dengan pihak COMAC, delegasi ASEAN-BAC membahas peluang kerja sama lanjutan terkait adanya kerja sama untuk industri pesawat terbang Indonesia dan ASEAN. Maskapai Indonesia bernama TransNusa telah menggunakan pesawat buatan COMAC untuk rute Jakarta – Bali per April 2023 lalu.

Selain itu, delegasi juga bertemu dengan pihak FinVolution Group untuk membahas mengenai kerja sama dalam hal finansial dan dengan pihak Hycan selaku salah satu perusahaan terkemuka di Tiongkok, delegasi ASEAN-BAC membahas mengenai adanya peluang pemasaran Hycan di ASEAN.

Pada rangkaian pertemuan selama roadshow ASEAN-BAC di Tiongkok, secara khusus delegasi ASEAN-BAC mengajak pejabat pemerintah dan para pelaku usaha Tiongkok untuk menghadiri Business Investment Summit 2023 dan Asean Business Awards 2023 yang akan diselenggarakan di Jakarta, pada 3-4 September 2023.

Indonesia, lanjutnya, menjadi salah satu contoh konkret kerja sama Tiongkok di kawasan ASEAN. Disebutkan, di bidang kesehatan perusahaan-perusahaan Tiongkok telah mengembangkan teknologi baru yang inovatif, efektif, dan hemat biaya, khususnya bidang biologi dan vaksinasi untuk  membantu mempercepat transformasi kesehatan di Indonesia.

Disebutkan, pada dekade terakhir Tiongkok telah menjadi sumber utama inovasi ilmu hayati, di mana Tiongkok unggul dalam mengembangkan produk baru dan versi hemat biaya dari produk-produk kompleks.

“Tiongkok berada di garis depan inovasi bioteknologi, genomik dan bioengineering yang akan mendorong pengelolaan kesehatan di masa depan. Inovasi Tiongkok  menghadirkan  harapan bagi negara-negara berkembang,” kata Wakil Ketua ASEAN-BAC, Bernardino Vega. 

Indonesia dan Tiongkok secara bersama-sama dapat memfasilitasi terciptanya pasar yang menarik untuk hasil inovasi terbaru,  termasuk produk life sciences.

“Harus diakui, hambatan terbesar arus masuk investasi Tiongkok ke  Indonesia saat ini adalah persoalan regulasi. Kami berharap akan ada kesepakatan terkait regulasi dan pengurangan hambatan untuk   membuka pasar  bagi produk-produk inovasi Tiongkok di Indonesia,” kata Arsjad.

Ketua ASEAN-BAC Dampingi Presiden RI Kunjungan di Chengdu

Setelah melakukan roadshow ASEAN-BAC di Beijing dan Shanghai, Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid juga melakukan kunjungan secara terpisah di Chengdu, Tiongkok pada 27 – 29 Juli 2023.

Di Chengdu, Arsjad  mendampingi Presiden RI Joko Widodo untuk melakukan pertemuan bisnis dengan Kamar Dagang Indonesia di Tiongkok (INACHAM) dan beberapa pengusaha Tiongkok lainnya, yang diadakan di Hotel Shangri-La.

Pertemuan tersebut difokuskan pada mengundang Tiongkok untuk berinvestasi di Indonesia, terutama dalam percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik, energi terbarukan, dan pembangunan ibu kota baru Indonesia (IKN).

ASEAN-BAC juga menjalin kemitraan erat dengan sejumlah perusahaan di Indonesia, diantaranya PT Astra International Tbk., Indika Energy, Sinar Mas, Bakrie Group, East Ventures, Indofood, Mayora Group, and MRT Jakarta dalam mendukung proses transisi energi yang lebih ramah lingkungan di Indonesia.

Vice President dan Group CEO Indika Energy, Azis Armand mengungkapkan, penggunaan kendaraan listrik dan pengembangan ekosistemnya merupakan salah satu kunci untuk mempercepat transisi energi di Indonesia.

“Kami percaya bahwa kendaraan listrik dan ekosistemnya akan membantu mengurangi jejak karbon, serta mendukung pembangunan ekonomi hijau,” kata Azis. RHT