RAYA- Universitas Muhammadiyah () telah melaksanakan Rapat Kerja Evaluasi Program Kerja Tahun Akademik 2022/2023 dan Penyusunan Program Kerja Tahun Akademik 2023/2024, berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu (28-29 Juli 2023), di Aula Rektorat.
Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. , SE., MM saat membuka raker itu menyampaikan pentingnya evaluasi mendalam dan menyeluruh di setiap bidang. Dimana dalam evaluasi itu dipimpin langsung oleh para wakil rektor sesuai bidang masing-masing.
“Sengaja kita laksanakan raker dua hari, agar hasilnya lebih maksimal, karena jika hanya dilaksanakan dalam satu hari, baik evaluasi maupun penyusunan program kerja itu tidak maksimal, karena terburu-buru, sehingga asal-asalan tidak maksimal,”sebut Prof Rajindra.
Untuk itu katanya, dalam pembahasan evaluasi perlu betul-betul dilakukan secara mendalam, guna mengetahui sejauh mana capaian program kerja tahun sebelumnya. Jika dalam pelaksanaan program kerja tahun sebelumnya belum maksimal, sangat penting diketahui kendalanya, sehingga bisa dicarikan solusi agar tidak terulang lagi di tahun-tahun akan datang.
Sebenarnya kata Rektor semua telah bekerja, yang perlu saat ini adalah bekerjasama. Karena jika katanya sudah bisa bekerjasama maka tidak ada lagi masalah.
Rektor mencotohkan pada saat jelang akreditasi, masih banyak yang sibuk mencari data dan dokumen pendukung akreditasi, padahal jika memang ada kerjasama yang baik, tidak perlu lagi sibuk mencari dokumen, karena hal-hal itu telah dikerjakan semua. “Saat ini masih ada yang memelihara ego, itu yang harus dihilangkan, bangun kerjasama yang baik,”pesan Rektor.
Kata Prof Rajindra, harus bisa dibangun prinsip bekerja sebagaimana mestinya, jangan lagi bekerja sebagaimana biasanya, karena belum tentu biasanya itu yang betul, berbeda jika bekerja sebagaimana mestinya, karena selalu merujuk pada regulasi yang ada.
“Ini perlu dievaluasi, apakah kita sudah bekerja sebagaimana mestinya, atau masih bekerja sebagaimana biasanya,”sebutnya lagi.
Jika katanya bisa membangun kerjasama yang baik, dan bekerja sebagaimana mestinya, tidak menutup kemungkinan kampus biru Unismuh Palu akan menjadi kampus unggul, karena bibit-bibit itu sudah ada, saat ini telah terakreditasi “Baik Sekali”.
Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah, Sekaligus Ketua Pembina Harian (PBH) Unismuh Palu, Muh Amin Parakkasi, S.Ag, M.H.i mengatakan, sejak kepemimpinan Prof Rajindra di kampus itu, telah banyak mengalami perubahan kearah lebih baik. Dan hal itu bukan hanya dirinya yang menyaksikan dan merasakan, melainkan juga orang lain.
Prof Rajindra katanya selaku rektor selama ini sudah berupaya beradaptasi dengan kondisi para pejabat, dosen serta staf. Beradaptasi dalam artian menekan keinginan untuk melakukan lompatan-lompatan perubahan di kampus itu, karena harus menyesuikan dengan kemampuan dan psikologi yang dimiliki civitas kampus itu.

Dan kini kata Amin, saatnya para pejabat, dosen, dan staf yang harus beraptasi dengan Prof Rajindra. “Jadi saatnya giliran kita yang beradaptasi dengan visi misi pak rektor yang berkemajuan itu. Jika kita mampu melakukan itu, maka saya optimis kampus ini akan lebih baik kedepan. Olehnya mari kita bekerja sama dalam menggapai kemajuan itu,”pesan Amin. ENG