RAYA – Bupati Banggai, Ir. H.Amirudin Tamoreka mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 di Indonesia Convention Expo, Kabupaten Tangerang, Kamis (20/7/2023).
Menurut yang diperoleh tim liputan DKISP Banggai, pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 dan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu, dibuka langsung oleh Wakil Presiden (Wapres), RI Ma”ruf Amin.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI mengatakan, bangsa Indonesia ini tengah menyongsong pesta demokrasi tahunan yang akan diselenggarakan tidak lama lagi. “Otonomi daerah dan disentralisasi adalah pilihan bagi negara dalam mengelola pemerintahan untuk mendekatkan pelayanan publik, mendorong pembangunan daerah dan menghidupkan demokrasi lokal yang berkualitas,” kata Wapres.

Dalam semangat otonomi daerah yang bermakna untuk publik ini kata Wapres, sangat mengapresiasi kepada pemerintah Kabupaten se-Indonesia yang telah melahirkan ide-ide inovatif, kreatif dan terobosan dalam percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik termasuk dalam mempercepat penurunan angka di daerahnya. “Pemerintah Kabupaten diharapkan terus meningkatkan gagasan dan langkah inovatif baik pada tataran kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat guna untuk mendongkrak pertumbuhan daerah yang inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Olehnya itu sambungnya, manfaatkan Apkasi Otonomi Expo sebagai ajang untuk mempromosikan destinasi wisata, komoditas dan unggulan daerah tidak terkecuali produk dan jasa halal seperti makanan, minuman, fashion, farmasi, kosmetik dan wisata halal.

Diketahui, terkait dengan Apkasi Otonomi Expo 2023 yang merupakan agenda tahunan ini mengimplementasikan salah satu tugas dan peran organisasi dalam memfasilitasi kegiatan promosi komoditas, peluang investasi dan pengembangan destinasi pariwisata bagi anggota Apkasi yang mencakup 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia.

Dalam rakernas itu, dibahas berbagai persoalan-persoalan yang telah diakomodir melalui rapat kerja koodinator wilayah Apkasi. Dalam rapat korwil daerah telah menginventarisir isu-isu di daerah untuk dibahas bersama di tingkat nasional. Sedangkan, dalam kegiatan pameran bertajuk AOE 2023 itu sendiri, mayoritas diikuti oleh pemerintah kabupaten selaku anggota Apkasi, badan pemerintah, pemerintah provinsi, perusahaan , swasta nasional dan .

Para peserta pameran khususnya dari pemerintah kabupaten juga akan diajak mengikuti kegiatan studi tur ke Ketapang Urban Aquaculture yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang.
Kegiatan itu juga menggelar event Anugerah Jurnalistik Apkasi untuk ketiga kalinya sebagai apresiasi Apkasi kepada rekan-rekan jurnalis yang ikut aktif mempublikasikan upaya-upaya pembangunan di daerah dan peran pemkab dalam menggerakkan roda perekonomian di wilayah masing-masing. */MAN