RAYA – Wali Kota , didampingi Wakil Wali , dr Reny A Lamadjido, menerima kunjungan Duta Besar sekaligus Utusan Khusus Presiden Seychelles untuk , Nico Barito di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Senin (17/7/2023).

Wali Kota Hadianto mengungkapkan rasa syukur karena Duta Besar Nico Barito berkenan dan berkesempatan hadir di Kota Palu.

Menurutnya, kehadiran Nico Barito akan berbagi pengalaman bersama pejabat di Pemerintah Kota (Pemkot) Palu terkait dengan pembangunan sebuah kota dan negara.

“Beliau akan memberikan sharing dan best practice experiented, bagaimana membangun sebuah kota dan negara yang tadinya biasa-biasa saja, jadi luar biasa,” kata Wali Kota Hadianto.

Ia mengatakan, kedatangan Nico Barito merupakan kehormatan besar bagi Pemerintah Kota Palu. Sebelumnya, Wali Kota Hadianto bertemu dengan Nico Barito setahun yang lalu di kegiatan Hari Ikan Nasional.

“Tuhan mempertemukan kami dari jalan yang tidak disangka-sangka dan tidak terduga-duga,” ungkapnya.

Saat itu, kata dia, Nico Barito bercerita tentang bagaimana harusnya membangun sebuah kota. Selanjutnya, bagaimana pemerintah harus mampu melihat peluang-peluang dan potensi-potensi yang ada.

Kemudian, kata dia, bagaimana mengelola peluang dan potensi yang ada itu, menjadi sebuah ‘senjata' yang besar dan akan memberikan manfaat bagi pemerintah.

“Dari apa yang beliau (Nico Barito, red) sampaikan, membuat saya mendapatkan banyak masukkan,” katanya.

Ia menganggap, Nico Barito sebagai penasehat, sehingga menjadikan Negara Seychelles yang merupakan negara kecil, tapi makmurnya luar biasa.

“Ini kesempatan yang sangat baik bagi kita. Kita dengarkan sama-sama,” tuturnya.HGA