RAYA – Sejumlah dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi mengiringi perjalanan Kabupaten Banggai menapaki usia ke-63 tahun yang jatuh pada 8 Juli 2023.

Hal itu merupakan cerminan dari fokus pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur maupun pembangunan manusia yang merata di Kabupaten Banggai.

Hal itu disampaikan Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka disela-sela kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Kabupaten Banggai di kawasan perkantoran Bukit Halimun, Luwuk Selatan, Sabtu (8/7/2023).

“Penghargaan yang berhasil diraih Kabupaten Banggai dalam kurun 2022-2023 yaitu dari Kementerian Hukum dan () menobatkan Banggai sebagai Kabupaten Peduli pada Desember 2022 lalu,” kata Bupati.

Konsistensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dalam mengelola laporan keuangan pemerintah daerah yang transparan dan akuntabel kata Bupati, terus berlanjut dan hasilnya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kesebelas kalinya secara berturut-turut dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2022. 

“Upaya Pemkab Banggai dalam mendorong Perumda Air Minum menjadi perusahaan yang sehat juga berbuah penghargaan dari 
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI,” terangnya.

Pada tanggal 24 Januari 2023 lalu sambungnya, Pemkab Banggai menerima penghargaan dari BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah untuk kategori Pendorong Perumda Air Minum dengan tingkat kesehatan perusahaan tahun buku 2021 sebesar 2,97 atau status sehat berdasarkan indikator Kementerian PUPR.

“Pemkab Banggai juga berhasil meraih penghargaan Universal Health (UHC) karena mampu menjamin hampir 100 persen warganya mendapatkan layanan kesehatan gratis dalam program Jaminan Kesehatan Nasional pada Maret 2023 lalu,” ucapnya. 

“Olehnya itu kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi besar bagi keberhasilan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Banggai,” tambahnya. */MAN