RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka melepas secara resmi kontingen Kabupaten Banggai yang akan berkompetisi di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), di halaman kantor Bupati setempat, Rabu (5/7/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menyampaikan, para atlet yang akan bertanding tunjukkan spirit juara atlet Banggai karena pada Pekan Olahraga Provinsi Sulteng pada tahun 2022 lalu bisa berhasil. Olehnya itu, diharapkan tahun 2023 dapat ditularkan pada Popda Sulteng yang akan berlangsung pada tanggal 12 Juli 2023 sampai dengan 15 Juli 2023 di Kabupaten Parigi Moutong. “Saya harap adik-adik semua tetap semangat, junjung tinggi sportivitas, kalah menang soal biasa sportivitas yang utama,” kata Bupati.

Komitmen Pemkab Banggai dalam memajukan olahraga di daerah ini lanjutnya, melalui kerjasama yang telah dibangun Pemkab Banggai dengan sejumlah universitas di daerah ini akan terus berkesinambungan dan selalu bisa berhasil. “Harapannya para atlet pelajar berprestasi akan lebih mudah diterima di Universitas lewat jalur prestasi,” terang Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banggai, Yori Ntoi mengatakan, Popda Sulteng 2023 menjadi ajang seleksi bagi atlet pelajar di Kabupaten Banggai yang nantinya akan mewakili Sulteng pada Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2023.”Kontingen Kabupaten Banggai terdiri dari 39 atlet pelajar, offisial sebanyak 8 orang, panitia sebanyak 25 orang, tim kesehatan sebanyak 4 orang dan tim aju sebanyak 2 orang,” terang Yori. Adapun empat cabang olahraga yang akan dipertandingkan tambah Yori yaitu, panahan, karate, atletik dan taekwondo. */MAN