RAYA – Wali Kota , Amin, kembali menyerahkan langsung kunci kendaraan berupa turk mini pengangkut sampah kepada para sopir dan krunya.

Penyerahaan 22 kendaraan operasional pengangkut sampah tersebut diserahkan usai apel bersama para petugas kebersihan, para lurah dan sejumlah pejabat terkait di halaman Kantor Wali , Jumat (23/6/2023).

Dalam arahan Wali Kota Palu mengingatkan kepada petugas pengangkut sampah terutama para sopir dan krunya agar lebih serius dan giat melaksanakan tugasnya sesuai dengan jadwal dan pengaturan sudah ditetapkan.

“Dan yang paling utama adalah tanggungjawab merawat kendaraan operasional pengangkut sampah tersebut dijaga dengan baik. Tidak boleh dipergunakan untuk hal lain diluar selain dalam mengurus sampah di wilayah Kota Palu,” tegas Wali Kota Hadianto.

Ia juga berharap, pelayanan kebersihan lingkungan berupa penjemputan sampah di rumah masyarakat maupun di lokasi tempat penampungan sementara (TPS) sampah lebih dimaksimalkan lagi.

“Sehingga wajah kebersihan di wilayah Kota Palu benar benar terjaga dengan baik dan pelayanan lebih dimaksimalkan lagi, agar Palu Menuju Adipura bisa kita raih atas komitmen, kerja keras dan doa kita bersama,” harapnya.

Hadir mendampingi, Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Moh Arif Lamakarate.

Sebagai tambahan, penyerahan mobil operasional pengangkut sampah tersebut merupakan penyerahan kesekian kalinya. Kini, setiap kelurahan telah memiliki mobil mini pengangkut sampah dari rumah ke rumah warga Kota Palu.

Sebelumnya, pada awal 2022, telah menyerahkan 24 unit truk mini ke sejumlah kelurahan di wilayah tersebut.

Acara penyerahan truk mini itu diserahkan secara simboli oleh Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid didampingi wakilnya, dr Reny A Lamadjido di halaman Kantor Wali Kota Palu, Sabtu (8/1/2022).

Wali Kota Hadianto menyampaikan  apresiasi dan setinggi-tingginya kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan penyerahan mobil operasional sampah.

“Selaku Wali Kota, saya mengucapkan rasa syukur atas diserahkannya mobil operasional ini. Apalagi, keberadaan mobil operasional sampah sangat membantu dalam pengangkutan sampah, dari tempat pembuangan sampah sementara menuju tempat pembuangan sampah akhir,” kata Wali Kota Hadianto.

Ia berharap, dengan keberadaan mobil tersebut, Pemkot Palu melalui DLH Kota Palu dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan membantu  mewujudkan program Pemerintah Kota Palu, yakni Palu Menuju Kota Adipura.

Ia mengatakan, sampah merupakan salah satu permasalahan yang patut diperhatikan.  Sampah merupakan bagian tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Karena, pada dasarnya  semua manusia  pasti menghasilkan sampah. Sampah merupakan suatu buangan yang dihasilkan dari setiap aktivitas manusia.

Volume peningkatan sampah, kata dia,  sebanding dengan meningkatnya tingkat konsumsi manusia. Setiap aktivitas manusia secara pribadi maupun kelompok, di rumah, kantor, pasar, sekolah, maupun dimana saja, akan menghasilkan sampah, baik sampah organik maupun sampah non organik.

Ia juga berpesan, kepada pemerintah kelurahan se-Kota Palu  agar mobil operasional sampah dijaga dan dirawat baik.

“Jika mobil sampah yang sudah lama, agar dicat kembali, agar terlihat baru dan seragam,” tuturnya.HGA