RAYA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Tenaga Teknik Konstruksi Indonesia () Provinsi Sulawesi Tengah memberikan kesempatan kepada pekerja konstruksi untuk memperoleh sertifikasi kompetensi.

Koordinator Tempat Uji Kompetensi (TUK) Astekindo Sulteng, Gunawan Wibisono, ST, MT, menyatakan bahwa di dunia kerja, bukan hanya ijazah yang dibutuhkan, tetapi tenaga kerja juga harus memiliki sertifikasi kompetensi guna meningkatkan tambah pada kemampuan mereka.

“Memiliki sertifikasi kompetensi akan memudahkan akses ke peluang kerja,” katanya.

Menurut Gunawan, uji kompetensi yang dilakukan oleh Astekindo Sulteng mengutamakan standar yang tinggi agar tenaga kerja dapat menguasai konsep, regulasi, dan pelaksanaan di lapangan. Uji kompetensi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan konstruksi di Sulawesi Tengah.

“Kami di Astekindo berharap bahwa semua elemen masyarakat yang bekerja di bidang konstruksi akan melakukan sertifikasi kompetensi ini, dengan harapan dapat meningkatkan sumber daya manusia agar menghasilkan pekerjaan berkualitas di lapangan,” tambahnya.

Gunawan juga berharap pemerintah dapat membantu dalam mensosialisasikan pentingnya sertifikasi kompetensi kepada masyarakat di Sulawesi Tengah. Sebagai contoh, ketika seorang pekerja memiliki sertifikasi ahli , maka dapat dipastikan bahwa mereka memahami tentang keselamatan kerja dan peraturan yang berlaku di bidang ketenagakerjaan, sehingga lebih profesional.

DPD Astekindo Sulteng juga berkomitmen untuk melayani tenaga kerja yang ingin mendapatkan sertifikasi dengan baik dan proses yang cepat.

“Astekindo sejak berdiri satu tahun lalu telah mengeluarkan sekitar 200 sertifikasi. Ini akan terus berlanjut, dengan harapan bahwa semua tenaga kerja dapat memanfaatkan kesempatan ini. Karena masih banyak rekan kita di luar sana yang bekerja dalam profesi tertentu, namun belum memiliki sertifikasi kompetensi,” jelas Gunawan sebagai asesor uji kompetensi.

Uji kompetensi Astekindo berada di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang memberikan nilai tambah bagi tenaga kerja, karena memiliki kapasitas yang handal dalam segala aspek untuk meningkatkan kualitas pekerjaan di bidang konstruksi.

Bagi tenaga kerja yang ingin mendapatkan sertifikat, dapat mendaftarkan diri di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Astekindo Sulteng yang terletak di Jalan Puenjidi Perum Taman Ria Estate, Kelurahan Kabonena, Kecamatan Ulujadi, . *WAN