RAYA – Wali Kota , Hadianto Rasyid meresmikan gedung baru Komisi Pemilihan Pemilu () bersama dengan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari di halaman kantor , Jalan Balai Kota, Senin (5/6/2023).

Wali Kota Hadianto, mengatakan, keberadaan gedung baru KPU Kota Palu menjadi satu kebanggaan bagi semua sebagai warga Kota Palu, karena telah hadir suatu bangunan penunjang demokratisasi di Kota Palu.

“KPU Kota Palu sama kita saksikan, saat ini telah memiliki gedung baru yang representatif, sebab keberadaan gedung ini bisa dijadikan salah satu indikator, dari bagian penting pelaksanaan demokratisasi di Kota Palu,” kata Wali Kota Hadianto.

Ia berharap, keberadaan gedung baru KPU tersebut dapat memecahkan berbagai permasalahan Pemilu yang ada.

“Kepada seluruh masyarakat kiranya dapat memanfaatkan serta menjaga secara maksimal seluruh fasilitas yang ada, sebab dengan keberfungsian fasilitas demokrasi yang ada ini secara baik, maka akan memberikan imbas positif kepada pemerintah Kota Palu. Melalui kesempatan ini pula, saya mengharapkan kepada seluruh unsur penyelenggara pemilu yang ada, kiranya dapat memberikan pelayanan yang bermutu, manusiawi dan bersahabat kepada semua kontestan pemilu tanpa diskriminasi,” tuturnya.

Ia menilai, unsur penyelenggaran Pemilu perlu mendapatkan dukungan dalam berbagai hal oleh banyak pihak.

“Keberadaan gedung ini, merupakan bentuk penguatan demokratisasi, penguatan tahapan pemilu dimulai dari bagaimana para penyelengara pemilunya bisa nyaman bekerja secara baik dan berintegritas,” ucapnya.

Menurutnya, terealisasinya pembangunan gedung KPU Kota Palu yang representatif ini, tak lepas dari upaya KPU Kota Palu yang terus menjaga hubungan baik dengan para stakeholders, terutama Pemerintah Kota Palu. Melaui proses komunikasi dan koordinasi intens, hinga akhirnya gedung KPU Kota Palu bisa terbangun.

“Jalinan hubungan yang sudah baik ini, semoga terus bisa bersinergi dalam penguatan demokrasi di Kota Palu, tidak hanya pada event Pemilu saja, walaupun pemilu sesungguhnya adalah barometer dari majunya demokrasi di negara kita,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palu atas dukungan dan fasilitasnya, memberikan hibah tanah, sekaligus membangun gedung dalam rangka menjaga kehormatan dan kewibawaan KPU.

“Gedung yang baru ini menjadi pemacu untuk meningkatkan layanan, karena KPU sesungguhnya lembaga layanan, terutama melayani dua pihak, yakni pemilih dan peserta pemilu,” kata Hasyim Asy'ari.

Senada, Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, menyebut, pembangunan kantor KPU tersebut tak lepas dari atensi Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid.

“Dimana Wali Kota Palu sebelumnya telah berkomitmen untuk membangun demokrasi di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. Setelah ditetapkan sebagai calon pasangan terpilih, Wali Kota Palu menyampaikan kepada kami akan membangun Kantor KPU Palu. Karena KPU Kota Palu yang telah melahirkan pemimpin di daerah kita,” ungkap Agussalim. HGA