RAYA – Cuaca ekstrim berupa hujan dan angin puting beliung melanda Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara pada Rabu (10/5/2023) yang mengakibatkan 40 rumah warga mengalami kerusakan ringan dan 13 lainnya rusak berat. Penyebab kerusakan sebagian besar disebabkan oleh angin puting beliung yang bertiup sangat kencang.

melalui program PLN Peduli hadir untuk memberikan bantuan pada warga yang terdampak. Hal ini menjadi bentuk perhatian PLN kepada seluruh masyarakat yang mayoritas adalah pelanggan setia PLN. Bantuan pun diserahkan langsung melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado.

Hadir dalam penyerahan bantuan, Asisten Manajer Keuangan dan Umum, Noven Koropit mewakili Manajer PLN UP3 Manado, Mulke Tumangken. Turut disaksikan dalam penyerahan bantuan tersebut, Kepala Desa Paslaten, Kecamatan Kakas, Waldo M. Lakoy didampingi perangkat desa dan juga puluhan korban yang tertimpa bencana.

Dalam penyerahan bantuan tersebut, total bantuan yang diserahkan PLN untuk warga berjumlah 98 paket yang diantaranya berupa dan terpal. Waldo pun menyampaikan rasa terima kasih mendalam dari seluruh warga karena PLN mau peduli kepada masyarakat sekitar. “Terima kasih banyak kepada PLN atas kepedulian bagi masyarakat yang kena bencana angin puting beliung dengan harapan PLN akan lebih baik lagi,” ujar Waldo.

Saat ditemui terpisah, Mulke menyampaikan rasa simpati mendalam atas musibah yang menimpa warga Kecamatan Kakas. “Kami turut berduka atas musibah yang menimpa bapak ibu semua, kami berharap bantuan ini menjadi bentuk kepedulian terhadap musibah yang dialami, semoga bantuan dari PLN Peduli ini dapat meringankan dan membantu warga yang terdampak,” kata Mulke.

Mulke pun menyampaikan, peristiwa yang terjadi merupakan fenomena alam yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Untuk itu, diharapkan sekaligus diimbau kepada seluruh warga untuk bersama-sama bisa melaporkan jika ada jaringan listrik yang berpotensi membahayakan. “Hal ini sangat penting karena disamping menjaga kelistrikan agar tetap andal, namun PLN perlu memastikan seluruh jaringan listrik aman dari potensi membahayakan jiwa masyarakat,” tutur Mulke.

Mulke pun mengajak kepada seluruh warga untuk dapat memanfaatkan fitur pengaduan pada aplikasi PLN Mobile dalam melaporkan bentuk kejadian atau pun gangguan listrik yang ditemui untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. “Marijo sama-sama torang pakai PLN Mobile for lapor semua potensi bahaya listrik di lapangan,” ajak Mulke.

PLN Mobile sendiri memiliki beragam fitur yang dapat memudahkan masyarakat untuk lebih dekat dengan PLN dan layanannya. Aplikasi PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone. */HJ