RAYA  – Pusat menetapkan Povinsi Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah PON Beach  atau  PON Pantai tahun 2024.

Keputusan tersebut dituangkan dalam SK KONI Nomor 96 tahun 2023 yang ditandatangani Ketua Umum KONI Marciano Norman. SK diterima langsung Ketua Umum M S. Sos AIFO di Kantor KONI di Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Keberhasilan Sulteng menjadi tuan rumah PON Pantai tidak terlepas dari perjuangan inisiator olahraga Indonesia M Nizar Rahmatu, yang tidak hanya menunjukkan olahraga di Sulteng tetapi ingin menjadikan Provinsi Seribu Megalit sebagai barometer penyelenggaraan multi iven olahraga di Indonesia.

“Keberhasilan, kepercayaan Provinsi Sulteng ditetapkan sebagai tuan rumah PON Pantai berkat  dukungan Bapak Olahraga Provinsi Sulteng H Rusdy Mastura, AIFO. Tanpa dukungan sang Tadulako kita, mustahil kita dipercaya menjadi tuan rumah tanpa dukungan Gubernur,” kata Nizar Rahmatu.

Demi suksessnya penyelanggaraan PON Pantai, Nizar berharap dukungan dan sinergitas semua elemen dan stakeholder, serta sponsorship.

“Insya Allah kita bisa bersatu padu dan bergandengan tangan menyukseskan PON Pantai. Ini pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia multi iven pantai sebanyak 14 cabor. Semua mata tertuju pada kita dan kita bisa menunjukkan kepada mereka, Sulteng Provinsi Seribu Megalit sangat layak untuk multi iven  olahraga,” ujar Nizar Rahmatu. 

PON Pantai 2024 mempertandingkan 14 cabang olahraga diantaranya, voli pantai, dayung, selam, open water swimming, layar,  jet ski, termasuk badminton pantai dan cabor pantai lainnya. *WAN