RAYA – Ketua Umum Badan Pimpinan Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Parigi Moutong, Moh. Ridwan atau akrab disapa Ridwan Nontji siap bertarung memperebutkan kursi di DPRD Sulteng pada .

Ditemui usai pendaftaran Bacaleg di Provinsi Sulteng, Ridwan Nontji mengatakan, motivasinya maju DPRD Sulteng untuk menyuarakan kepentingan kelompok dan pejuang keluarga di Parlemen.

“Kita ingin memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah dan memperjuangkan kepentingan daerah,” katanya, Ahad  (14/5/2023).

Ridwan Nontji yang maju dari Dapil Parigi Moutong ini menegaskan, jika terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Sulteng, dirinya akan memperjuangkan tiga Program prioritas.

“Pertama, Program Pengembangan Ekonomi Lokal. Saya akan mengusulkan program pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Program ini akan membantu mengembangkan potensi ekonomi lokal, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup,”jelas  Ridwan Nontji.

Program kedua yang akan dijalankan oleh pria kelahiran Palasa dari Pasangan Haji Nontji, dan  Hj. Arawiyah Lanongko ini yakni program Kesehatan Gratis.

“Saya akan mengusulkan program kesehatan gratis bagi masyarakat yang tidak mampu. Program ini akan menjamin akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.

Program ketiga lulusan S1 Ekonomi Pembangunan, Universitas IsIam Indonesia serta S2 Manajemen Keuangan, Universitas Gadjah Mada ini adalah Program Pendidikan Gratis.

“Saya akan mengusulkan program  pendidikan gratis bagi masyarakat dari keluarga kurang mampu. Program ini akan memberikan kesempatan bagi anak-anak yang kurang mampu untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas dan memperbaiki taraf hidup keluarganya,” tutur Ridwan Nontji.

Menurut Ridwan, dirinya optimis seluruh program-program yang dijanjikan dapat terealisasi, mengingat latar belakang dan aktivitas selama ini selalu bersentuhan dengan program masyarakat.

Ridwan Nontji dikenal sebagai salah satu pejuang dalam Perekonomian Kabupaten Parigi Moutong. Dia terus berupaya menguatkan program-program pemberdayaan di bidang ekonomi, khususnya di sektor industri kreatif, UMKM, Ekowisata, Peternakan Terintegrasi, dan sektor lainnya.

Ridwan Nontji bersama -relawan Kemanusiaan lainnya juga berkolaborasi dan bersinergi dalam satu gerakan kepedulian kemanusiaan lewat HIPMI Peduli. Tak hanya warga masyarakat Parigi Moutong saja yang jadi perhatian untuk dibantu gerakan kemanusiaan ini, melainkan Kabupaten dan Kota lain seperti , Poso, dan Donggala.

“Jumlah UMKM Kabupaten Parigi Moutong saat ini berjumlah 24.801 yang tersebar di 23 Kecamatan, 278 Desa dan 5 Kelurahan ini menjadi kekuatan dan energi besar untuk mendorong saya mencalonkan diri menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi,”jelasnya.

Ridwan mengatakan, memilih Partai Perindo sebagai alat perjuangan,  karena memiliki kesamaan visi misi dengan Partai Perindo yakni mensejahterakan masyarakat lewat UMKM, serta cita-cita besarnya mengentaskan dan pengangguran lewat pemberdayaan ekonomi lokal lewat sektor UMKM.

Saat ini, Ridwan Nontji juga mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan sebagai Dosen Keuangan di STIE Panca Bhakti dan Dosen Kewirausahaan di Institut Teknologi Kesehatan dan Bisnis Graha Ananda.

Selain itu, Ridwan saat ini diamanahkan di berbagai organisasi  besar, selain sebagai Ketua HIPMI Kabupaten Parigi Moutong, dia juga menjabat Ketum Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum BUMDes Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah. Selanjutnya menjabat Sekretaris Pemuda Pencasila Pimpinan Anak Cabang Kecamatan Palu Barat.

“Tanggal 30 Mei 2023 kedepan akan dilantik sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Cabang Pemuda Tani Indonesia (PTI) Kabupaten Parigi Moutong. Dalam karir , saya  juga pernah memegang jabatan penting di beberapa perusahaan besar seperti Kalla Group, Sampoerna Financial Group dan Staf Bidang Ekonomi di Bappeda Kabupaten Parigi Moutong tahun 2011,”jelasnya.

Bagi Ridwan Nontji, seluruh pengalaman dan jaringan yang dimiliki akan membantu merealisasikan seluruh program dan visi misinya jika terpilih menjadi anggota DPRD Sulteng di Pemilu 2024 nanti. * WAN