RAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) segera melaksanakan kembali Lomba Bertutur Tingkat SD/Mi dan Lomba Menulis Cerita Pendek (Cerpen) Tingkat SMP/MTs.

Seperti sebelumnya, mengawali rencana kegiatan untuk meningkatkan minat baca tulis remaja tersebut, Disperpusip Kota melaksanakan Coaching Clinik pada hari ini, Selasa (16/5/2023).

“Besok (hari ini), Disperpusip akan menggelar coaching clinik untuk persiapan menuju Lomba Bertutur Tingkat SD/Mi dan Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMP/MTs se-Kota Palu baik negeri maupun swasta,” kata Kepala Disperpusip Kota Palu, Syamsul Saifudin, Senin (15/5/2023).

Ia menjelaskan, kegiatan Coaching Clinik merupakan kegiatan yang intinya  pembinaan tentang komponen-komponen apa saja yang akan menjadi penilaian pada Lomba Bertutur dan Lomba Menulis Cerpen.

“Atau lebih tepatnya, kegiatan tersebut akan dibawakan oleh tim juri perlombaan yang diperuntukan kepada guru-guru pendamping murid di Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kota Palu, Jalan Soekarno Hatta, Nomor 12 Palu,” jelasnya.

Sebagai , saat ini Disperpusip Kota Palu mulai membuka pendaftaran. Rencananya, penutupan pendaftaran lomba berakhir pada 7 Juni 2023 mendatang.

Sebelumnya diberitakan, Disperpusip Kota Palu telah melaksanakan Lomba Bertutur Tingkat SD/Mi se-Kota Palu pada Juni 2022.

Kepala Diskarpus Kota Palu, Syamsul Saifuddin, mengatakan, kegiatan bertutur tersebut sengaja dilaksanakan untuk melestarikan budaya lokal, sekaligus menumbuhkan minat baca di kalangan anak di Kota Palu.

“Nah, ini sebagai upaya kami melestarikan budaya lokal dan sebagai cara mengevaluasi terhadap minat baca di kalangan anak,” kata Syamsul Saifuddin kepada Sulteng Raya.

Ia menjelaskan, minat baca sangat penting untuk ditingkatkan di kalangan anak dan masyarakat, karena dengan banyak membaca, seseorang dapat bercerita dan juga menulis dengan baik.

“Olehnya, Diskarpus Kota Palu tentunya berharap budaya dan minat baca anak dapat semakin meningkat setiap saatnya,” ucapnya.

Sebagai informasi tambahan, pada lomba tersebut diikuti 26 sekolah. Pada giat tersebut, peserta didik SDN 22 Palu sebagai juara satu dalam Lomba Bertutur Tingkat SD/Mi Se-Kota Palu dengan raihan Lomba Bertutur yakni 1.257.

Sementara itu, juara terbaik dua diraih peserta didik SD Al Azhar dengan perolehan nilai 1.248, terbaik tiga diraih peserta didik SDN 27 Palu dengan nilai 1.226, terbaik empat diraih peserta didik SD Inpres 1 Lolu dengan nilai 1.211, terbaik lima diraih peserta didik SD Karuna Dipa dengan nilai 1.190 dan juara terbaik enam diraih peserta SDIT Al Fahmi dengan nilai 1.139.ULU