RAYA – Untuk meminimalisir gangguan kamtibmas saat konser musik Slank di Luwuk, Banggai mengundang stakeholder dan panitia pelaksana dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di aula rupatama Mapolres Banggai, Senin (10/4/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kabag Ops Polres Banggai AKP Laata, Kasat Intel AKP Usman, Pasi Intel Kodim 1308/LB Pelda Yanto Balubi, Danramil Luwuk, Camat Luwuk, Lurah Kilongan, Dinas Perhubungan, KBO Sat Samapta dan Kanit Regident Sat Lantas serta panitia pelaksana Yunita Tongke.

Kabag Ops Polres Banggai, AKP Laata mengatakan, tujuan dilaksanakannya Rakor ini untuk memastikan kesiapan pengamanan konser musik Slank 2023 yang rencananya akan dihadiri sekira 10.000 penonton, bertempat di GOR Kilongan pada Jumat (19/5/2023) mendatang.

“Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan saat konser musik yang berskala besar berlangsung, salah satunya adalah keamanan,” kata Kabag Ops.

Ada beberapa barang berbahaya yang tidak boleh masuk lanjutnya, seperti botol, sabuk dan benda berbahaya lainnya yang dapat melukai seseorang. “Olehnya itu perlu kita adakan komunikasi dan bekerjasama yang baik demi kelancaran kegiatan,” tuturnya.

Maka dengan itu sambungnya, agar dipersiapkan betul jalur evakuasi apabila terjadi kontijensi yang mengakibatkan situasi menjadi tidak kondusif dan pantia bersedia menghentikan kegiatan tersebut. “Jangan sampai panitia menjual tiket melebihi kapasitas/daya tampung lokasi kegiatan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kabag Ops mengimbau kepada masyarakat khususnya pengunjung konser, agar bersama-sama menjaga ketertiban, tidak membawa minuman keras dan barang-barang berbahaya lainnya. “Intinya kita membuka mindset dan sama-sama sepakat bahwa keselamatan, kemanusiaan dan nyawa di atas segalanya,” jelasnya. */MAN