RAYA  – Muncul spanduk bernada provokatif dengan isu sensitif berkonten terorisme, cukup mengejutkan masyarakat  Kabupaten Poso.

Namun, demikian sejumlah kalangan masyarakat Poso justru merespon secara Arif dan tenang terkait pemasangan spanduk yang diduga berasal dari kelompok orang tak dikenal (OTK) tersebut.

Salah seorang tokoh aktivis Pemuda Poso, Muhammad Fauzan Adnan saat ditemui Sulteng Raya meminta, agar kiranya masyarakat Kabupaten Poso untuk tidak terprovokasi dan tetap tenang serta tetap selalu menjaga persatuan dan kebersamaan. “Terkait spanduk tersebut, percayakan saja kepada aparat keamanan untuk mengungkapnya,”  ucap Fauzan kepada Sulteng Raya, Selasa (28/2/2023).

Selanjutnya Fauzan mengingatkan, agar masyarakat tetap waspada dan  tidak tergiring oleh isu-isu yang menyesatkan serta reaktif terhadap penyebaran isu yang mengarahkan pada perpecahan. “Kondisi Poso saat ini sudah semakin membaik serta dalam suasana yang sangat kondusif. Mari kita jaga bersama Poso yang aman dan damai,” ucap Fauzan.

Fauzan mengimbau, kiranya masyarakat untuk peka dan segara berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti satuan pemerintah setempat serta pihak aparat keamanan jika menemukan hal-hal menjurus pada hal-hal yang berbau provokatif dan isu-isu yang sensitif di masyarakat.

Sementara, pihak aparat keamanan melalui Kapolres Poso, AKBP. Rentrix Ryaldi Yusuf saat dikonfirmasi media ini menyatakan, jika pihaknya saat ini sedang melakukan tindakan penyelidikan terkait siapa dan latar belakang pemasangan spanduk tersebut. SYM