SULTENG RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai, Ir. H. Abdullah menghadiri pelantikan Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD-KKSS) Kabupaten Banggai, di Gedung Graha Pemda Kabupaten Banggai, Ahad (29/1/2023).

Kegiatan itu mengusung tema, Membangun Sinergi Menuju KKSS yang Lebih Berkualitas Dalam Bingkai Kebhinekaan.

Sekda Banggai yang membacakan sambutan tertulis Bupati Banggai mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai memberikan yang sebesar-besarnya kepada BPD KKSS Kabupaten Banggai atas kegiatan-kegiatan positif yang telah dilaksanakan ini serta menunjukkan persaudaraan dan solidaritas diantara masyarakat, serta menunjukkan peran positif dalam pembangunan di Kabupaten Banggai.

“Keberhasilan dalam melaksanakan pembangunan pada suatu daerah merupakan hasil dari kerja keras masyarakat daerah itu sendiri, dan keberhasilan dalam melaksanakan pembangunan tidak hanya tergantung pada satu orang atau kepala daerah saja, namun semua pihak, termasuk dukungan dari warga masyarakat Sulawesi Selatan yang saat ini telah melebur menjadi masyarakat Banggai,” kata Sekda.

Selaku Pimpinan Daerah Banggai yang juga dalam kapasitas selaku Pembina Organisasi Kemasyarakatan di Kabupaten Banggai berharap, semoga kepengurusan BPD-KKSS Kabupaten Banggai yang baru akan dapat mengedepankan kepentingan organisasi dari pada kepentingan pribadi maupun kelompok.

“Serta dilandasi dengan adanya kemauan dan kemampuan untuk mengakomodir aspirasi anggotanya, sehingga apa yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik,” ujar Sekda mengakhiri sambutan Bupati Banggai.

Sementara, Ketua BPD-KKSS Kabupaten Banggai terpilih Hj. Sulianti Murad mengatakan, berdasarkan keputusan Pengurus Badan Pengurus Wilayah KKSS (BPW-KKSS) Provinsi Sulawesi Tengah Nomor 025/B/SK/BPW-KKSS/ST/X/2022 tentang susunan personalia kepengurusan Badan Ekstra Struktural dan Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Kabupaten Banggai Masa Bakti tahun 2022-2027, semua pihak bersama-sama bekerja, mengabdikan diri agar bisa memajukan KKSS Kabupaten Banggai sebagai rumah besar tempat bernaung, bersilaturahim dalam nuansa kekeluargaan sebagai warga Sulawesi Selatan yang berada di luar tanah Sulawesi Selatan.

“Selain menjadi rumah besar tempat bernaung warga Sulawesi Selatan, KKSS harus menjadi bagian dari ruang publik secara umum, tempat mengartikulasi berbagai gagasan kemajuan dan ruang artikulasi untuk mencari solusi atas persoalan umat,” kata Sulianti.

Kita semua lanjutnya, harus mendudukkan KKSS sebagai ruang Tudang Sipulung yang dikenal dalam tradisi kepemimpinan Bugis-Makassar yang dimaknai sebagai ruang tempat duduk bersama, ruang tradisi kultural yang demokratis untuk menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan bersama.

“Para pengurus haruslah berjiwa pemimpin, sebagaimana dalam tradisi kepemimpinan yang tumbuh dalam adat Sulawesi Selatan, dimana seorang pemimpin adalah mereka yang berlimpah kebajikannya,” terangnya.

Sulianti berharap, agar KKSS menjadi rumah kontribusi pembangunan bagi tanah pijakan warga KKSS hari ini, bumi dan langit Babasalan. Hari ini dan kedepannya, kita akan berada pada suasana hiruk-pikuk politik jelang 2024. “Dalam rangka menjaga marwah KKSS, saya mengingatkan secara organisasi, KKSS harus independen. Hak politik individu tentu tidak dibatasi, justru penting bagaimana warga KKSS mampu memainkan perannya dalam tiap even perjalanan daerah maupun bangsa ini,” jelasnya.

Namun katanya, setiap kita harus taat rambu, kapan harus bertindak atas nama organisasi dan atas nama pribadi. Hal ini harus diingat oleh setiap pengurus dan warga KKSS, agar KKSS menjadi rumah yang sejuk untuk semuanya.

Diketahui, Hj. Sulianti Murad terpilih berdasarkan hasil musyawarah dan keputusan Tim Formatur Musda VI Kabupaten Banggai tanggal 8 Oktober 2022 sebagai hasil dari pelaksanaan Musyawarah Cabang KKSS Kabupaten Banggai, dimana hasilnya telah ditetapkan di tanggal 24 Oktober 2022, dan ditandatangani oleh Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) KKSS Provinsi Sulawesi Tengah, H. Tjabani dan Sekretaris, dr.H. Husaema.

Diakhir kegiatan itu, pengurus BPD-KKSS Kabupaten Banggai berkesempatan memberikan secara simbolis sumbangan duka sebesar Rp18.078.000 kepada salah seorang warga Sulawesi Selatan yang terkena musibah beberapa waktu lalu. */MAN