RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka menutup secara resmi Toili Raya Expo dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26 Kecamatan Toili Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Wilayah Kecamatan Toili, di lapangan unit 12 Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Kamis (26/1/2023) malam.
Tampak hadir dalam kegiatan itu, Dandim 1308/LB bersama Ibu Ketua Persit Candrakirana, para pimpinan OPD, Camat Toili, Forkopimcam, Camat se-Kabupaten Banggai, Direktur PDAM Banggai didamping istrinya, para Kepala Desa se-Kecamatan Toili, Ketua dan Anggota BPD.
Dalam sambutannya, Bupati Banggai menyampaikan, ucapan syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Esa, karena pada malam hari ini kita hadir bersama-sama pada acara penutupan Toili Raya Expo yang sudah kita laksanakan ini.
“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Camat Toili dan seluruh Kepala desa serta masyarakat yang sudah bersama-sama melaksanakan kegiatan malam hari ini. Kekompakan ini selalu kita jaga, kalau semuanya kita kompak apapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai,” jelasnya.
Bupati berharap, kepada semua warga Banggai agar tetap jaga kekompakan ini, baru kali ini kami melihat begitu antusias masyarakat yang datang dan ramainya begitu luar biasa sama dengan di kota Luwuk. “Toili ini adalah benar-benar wakil dari seluruh masyarakat, karena sudah berumur 26 Tahun, untuk itu saya ucapkan Selamat HUT ke-26 Kecamatan Toili, semoga di umurnya yang ke-26 ini, Toili semakin beranjak dewasa dan betul-betul mampu menjadi percontohan kecamatan-kecamatan lainnya,” ujar Bupati.
Pada kesempatan itu Bupati mengimbau, kepada seluruh warga agar kita mendukung kegiatan-kegiatan Pemkab Banggai, terutama kegiatan infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi. “Mudah-mudahan tahun 2023 ini Jalan dari Rusa Kencana sampai Makapa akan kita perbaiki, seperti Jalan Unit 2 sampai jalan Desa Slamet Harjo. Ini tentu terus kita perjuangkan dan Alhamdulillah juga untuk irigasi sda tiga kontrak besar untuk irigasi Singkoyo, irigasi Moilong, irigasi Toili dan irigasi Mantawa yang saat ini sementara dilaksanakan,” jelasnya.
“Kita berada di lumbung pangan Provinsi Sulteng yaitu lumbung pangan di Kabupaten Banggai. Karena kita semua adalah -petani yang handal penyumbang untuk masyarakat Banggai dan sekitarnya. Ini terus kita benahi dan saya berharap semoga kedepan Kecamatan Toili menjadi Kota Baru, kita akan terus berjuang sehingga bapak/ibu bisa menikmati hasil-hasil kerja kami. Saya bangga hari ini ada orang Toili yang menjadi Bupati, ini harus tetap kita jaga dan pertahankan,” terang Bupati.
Sehingga kedepannya tambah Bupati, ada lagi pengganti orang Toili yang menjadi Bupati, karena tujuan kita adalah bagaimana membangun dan menjadikan Kabupaten Banggai kedepan akan lebih baik dan sejajar dengan kabupaten-kabupaten lainnya yang ada di Indonesia.
Kegiatan itu dilanjutkan dengan penyerahan Reward oleh Bupati Banggai kepada desa yang telah menyelesaikan dokumen perencanaan tercepat tahun anggaran 2023, dan dilanjutkan dengan pemukulan Gong pertanda kegiatan Toili Raya Ekspo dalam rangka HUT ke-26 Kecamatan Toili dengan resmi ditutup. */MAN