RAYA – Ketua Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Zaidul Bahri Mokoagow melantik sebanyak 1.011 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 337 desa/kelurahan dan 115 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada se-Kabupaten Banggai, di lapangan Bumi Mutiara Luwuk, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Selasa (24/1/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Drs. Furqanudin Masulili, Kapolres Banggai, AKBP Ade Nuramdani, Pasi Pers Kodim 1308/LB, Pasi Intel Kejaksaan Negeri Banggai, personel Pos AL Luwuk, Ketua Banggai, Muh Syaiful Saide, para OPD, pejabat Forkopimda Banggai dan para Ketua PPK.

Dalam sambutannya, Ketua KPU mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dan stekholder atas segala bantuannya sehingga pelaksanaan kegiatan ini terlaksana dengan baik. “Selamat kepada seluruh anggota PPS yang baru saja dilantik dan memegang teguh sebagai pelayan masyarakat. Kita adalah sebagai pelayan, olehnya itu layani masyarakat dengan senyuman dan sapaan yang humanis,” kata Ketua KPU.

Zaidul menegaskan, laksanakan tugas-tugas yang diemban kepada teman-teman semua sesuai dengan peraturan dan Undang-Undang Pemilu. “Mulai hari ini teman-teman yang terpilih dan yang sudah dilantik tugas kita adalah sebagai penyelenggara untuk menyelenggarakan Pemilu di kelurahan dan desa masing-masing,” terang Ketua KPU.

Sementara, Wabup Banggai dalam sambutannya, mengimbau para anggota panitia pemilihan suara (PPS) se-Kabupaten Banggai agar tidak berpihak dan menegakkan aturan dalam menjalankan tugasnya. “Tegakkan aturan, jangan berpihak, kalau kita sudah berpihak, tentunya lain cerita lagi, kita pasti akan dihujat,” tegas Wabup.

Terselenggaranya pemilu yang berkualitas kata Wabup, ditentukan oleh kemampuan PPS dalam melaksanakan tugas secara transparan. “Dan tentunya, yang paling utama adalah menegakkan aturan perundang-undangan. Kerja-kerja PPS tidak hanya diawasi oleh Panwas atau institusi lain, tetapi dipantau langsung oleh masyarakat. Mengingat, akses terhadap media dan komunikasi saat ini begitu mudah dan cepat, serta telah menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Banggai,” jelasnya. 

“Saya berharap kepada para anggota PPS, mudah-mudahan amanah ini dapat dilaksanakan dengan baik agar kita dapat menghasilkan kualitas demokrasi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” harap Wabup. */MAN