RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka membuka secara resmi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 Kecamatan Batui Selatan yang dirangkaikan dengan expo Batui Selatan tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Batui Selatan, di lapangan Sepak Bola Desa Gori-Gori, Jumat (6/1/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Sekda Banggai, Ir. Abdullah Ali, Ketua DWP Kabupaten Banggai, Kepala Dinas (Kadis) PMD, Amin Djumail, Camat Batui Selatan dan jajarannya, para Camat, Danramil dan Kapolsek bersama jajarannya, Tim Manager JOB Tomori Sulawesi, Kepala Desa (Kades) Sinorang, para Kades se-Kecamatan Batui Selatan,Ketua dan anggota BPD, Bosanyo Batui.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai mengatakan, di usianya ke-13 tahun ini, keberadaan Kecamatan Batui Selatan sudah tentu menjadi kebanggaan tersendiri.

“Saya selaku Bupati Banggai mengucapkan terima kasih dan yang setinggi-tingginya, kepada saudara-saudari sekalian dan seluruh masyarakat Batui Selatan khususnya dan masyarakat Kabupaten Banggai pada umumnya, yang sampai saat ini masih tetap komitmen dan proaktif bersama kami melaksanakan pembangunan dengan harapan terus maju dan berkembang sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Banggai,” kata Bupati.

Peringatan ini kata Bupati, sebagai ungkapan rasa syukur atas dinamika perjalanan pembangunan sejak Januari 2010 hingga tercapainya berbagai kemajuan pembangunan saat ini di Kecamatan Batui Selatan. Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku serta pelaku pembangunan sejak kepemimpinan Pemerintahan Kecamatan Batui Selatan yang pertama hingga kepemimpinan Pemerintahan Kecamatan Batui Selatan saat ini, yang didukung sepenuhnya oleh kepemimpinan Pemerintahan Kabupaten Banggai, tentu saja dari kebersamaan ini telah banyak memberikan kontribusi nyata kepada Kecamatan Batui Selatan yang kita cintai ini. 

“Olehnya itu melalui kegiatan Expo Batui Selatan Tahun 2023 ini, merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendekatkan produk-produk unggulan asli Batui Selatan khususnya dan Kabupaten Banggai pada umumnya, untuk dikenal kepada masyarakat, sekaligus sebagai upaya kita membangun perekonomian daerah,” ujarnya.

Maka kegiatan yang berbasis kerakyatan ini lanjut Bupati, perlu terus menerus dikembangkan sehingga akan dikenal tidak saja di Batui Selatan, tetapi juga diseluruh nusantara bahkan di mancanegara. Expo Batui selatan ini merupakan media promosi yang sangat strategis bagi daerah dalam memperkenalkan baragam produknya, sehingga melalui media expo Batui Selatan inilah akan dapat terjadi interaksi langsung antara produsen dengan konsumen yang pada gilirannya tercipta pasar yang lebih luas. 

“Saya akan terus mendukung segala peran serta dari kita semua untuk membangun Kabupaten Banggai agar sejajar dengan daerah maju melalui pengembangan agribisnis dan kelautan dengan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing di kawasan timur Sulawesi hingga tahun 2024. Ini menjadi kebanggaan bagi saya, karena setiap tahun kita terus melakukan aktivitas di dalam menggairahkan kepariwisataan di Kabupaten Banggai, seperti penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang memberi arti penting didalam meningkatkan dan mengembangkan kesenian, kebudayaan dalam rangka mengoptimalkan promosi potensi-potensi pariwisata Banggai baik ke mancanegara maupun domestik,” jelas Bupati. */MAN